6 Cara Mudah Untuk Menjaga Kesehatan Usus

Menjaga kesehatan usus merupakan salah satu hal yang sangat penting. Hal ini karena usus setiap saat dilewati oleh makanan yang kita konsumsi. Sedangkan makanan yang dikonsumsi sehari-hari tidak semuanya sehat. Ada jenis makanan yang kemungkinan akan membahayakan kesehatan usus dan memicu penyakit.

Terlebih lagi jika makanan yang dikonsumsi mengandung zat pengawet, lemak jenuh, minyak ataupun bahan berbahaya lainnya. Zat-zat tersebut secara tidak langsung bisa menjadi salah satu pemicu munculnya penyakit pada usus seperti kanker usus. Kondisi ini jelas sangat berbahaya dan bisa mengakibatkan masalah kesehatan yang sangat serius jika tidak ditangani.

Untuk menjaga kebersihan dan kesehatan usus sebenarnya bukanlah perkara yang sulit. Tindakan tersebut sangatlah mudah untuk dilakukan. Salah satu caranya yaitu dengan menjaga pola makan dan selektif dalam memilih jenis makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Pandai-pandailah dalam memilih jenis makanan sehat untuk tubuh. Jangan asal makan saja yang akhirnya berakibat fatal bagi kesehatan tubuh.

Nah, berikut ini penulis akan memberikan ulasan mengenai cara menjaga kesehatan usus. Simak penjelasan selangkapnya berikut.

Konsumsi Makanan Segar

Pilihlah jenis makanan segar dan rendah zat pengawet. Jenis makanan tersebut sangat berperan penting dalam menunjang kesehatan usus. Pastikan bahwa jenis makanan yang Anda konsumsi didominasi oleh jenis makanan yang masih segar dan pastinya mengandung serat tinggi. Contohnya sayuran segar atau buah-buahan.

Pola Makan

Langkah selanjutnya yaitu dengan memperhatikan pola makan. Mulailah menerapkan pola makan dengan porsi kecil namun intensitas makan jadi lebih sering. Hal ini untuk menjaga keseimbangan dari kinerja usus sehingga tidak akan terganggu. Disamping itu perhatikan juga kebutuhan cairan untuk tubuh supaya sirkulasi darah dan juga pencernaan makanan didalam usus berjalan dengan lancar.

Baca Juga:  Manfaat Pisang Raja Yang Harus Anda Ketahui

Konsumsi Makanan Yang Mengandung Bakteri Baik (probiotik)

Bakteri baik atau probiotik sangat berguna untuk kesehatan usus. Bakteri tersebut akan senantiasa menjaga kebersihan dan kesehatan usus. Konsumsilah jenis makanan yang mengandung probiotik seperti yoghurt atau keju.

Hindari Stres

Stres ternyata bisa mempengaruhi kesehatan usus. Hal ini karena jika Anda sedang stress maka nafsu makan akan menurun drastis. Kondisi inilah yang menyebabkan kesehatan usus terganggu.  Usus akan mengalami peradangan akibat Anda stress. Saraf yang mengontrol gerakan usus bisa terganggua dengan kondisi pikiran yang stress. Maka dari itu, hindari stress dan senantiasa rileks dalam menjalani kehidupan.

Kurangi Gula

Makanan yang mengandung kadar gula tinggi bisa mengakibatkan peningkatan asam lambung dan mengharuskan empedu untuk bekerja lebih keras. Bahkan makanan tinggi gula akan menyebabkan bakteri jahat berkembang lebih banyak pada usus. Maka dari itu, jangan terlalu sering mengkonsumsi makanan yang mengandung tinggi gula.

Istirahat Cukup

Biasakan untuk tidur selama 8 jam per hari. Dengan istirahat yang cukup maka berguna untuk mengontrol produksi hormone didalam usus yang berguna untuk mengontrol rasa lapar serta kenyang. Disamping itu, istirahat cukup bermanfaat untuk meningkatkan imun pada usus sehingga kebal terhadap ancaman penyakit.

Disamping beberapa hal diatas, untuk menjaga kesehatan usus sebaiknya menghindari minuman beralkohol, minuman soda, merokok, makanan terlalu pedas dan lain sebagainya. Perbanyak minum air putih supaya sistem pergerakan dan pencernaan pada usus berlangsung lancar.

Konsumsi makanan sehat yang mengandung serat tinggi dan imbangi dengan kegiatan positif setiap hari seperti rajin olahraga. Semoga ulasan diatas menjadi referensi bermanfaat bagi Anda dalam menjaga kesehatan usus.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi Bundakim.com. Instagram: @bundakim7 SMS / WA: 0813 2154 8517