6 Cara Mudah Mencegah Stretch Mark Saat Hamil

Stertch mark merupakan salah stau kondisi di mana menipisnya atau menghilangnya permukaan kulit, sehingga terjadinya beberapa cekungan yang muncul di permukaan kulit. Umumnya stretch mark ini terjadi ketika adanya kondisi kulit yang mengalami gangguan berupa peregangan dalam waktu yang cepat, misalkan seperti ketika hamil.

Stretch mark ini sangat sulit untuk di hilangkan, namun Anda masih bisa mencegah stretch mark saat hamil ketika stretch mark tersebut masih berwarna kemerahan.

Nah, di bawah ini ada beberapa cara dalam mencegah terjadinya stretch mark saat hamil, yaitu sebagai berikut:

  1. Pola makan berimbang dengan olahraga

Guna mencegah terjadinya stretch mark saat hamil, maka Anda bisa mencegahnya dnegan cara menjaga pola makan Anda dan mengimbanginya dengan olahraga yang teratur. ANda dianjurkan untuk memperbanyak mengkonsumsi sayuran guna menjaga kelembaban kulit Anda semasa hamil serta memperkuat elastisitas kulit Anda.

Kelembaban kulit, kelenturan juga kesehatan kulit juga bisa menentukan terjadinya stretch mark saat hamil. Bahkan olehraga juga mampu memperkuat elastisitas bagian kulit Anda, terutama di saat hamil.

  1. Berikan pelembab

Anda juga bisa mencegah terjadinya stretch mark dengan menggunakan pelembab kulit yang memang aman untuk Anda gunakan semasa hamil. Ketika Anda memberikan pelembab pada bagian kulit yang rentan terkena stretch mark, maka Anda bisa mengaplikasikannya dengan sedikit gerakan pijat.

Hal ini patut Anda lakukan guna membuat peredaran darah Anda menjadi terangsang sehingga mampu memberikan nutrisi yang baik pada kulit Anda.

  1. Pergunakan minyak jaitun

Ketika Anda hamil, Anda juga bisa mengoleskan minyak zaitun atau bahkan olive oil pada bagian kulit. Minyak yang memiliki warna bening juga berkilau ini memiliki kandungan vitamin A, B1, B2, C, D, E, K, serta zat besi.

Penggunaannya cukup mudah, Anda cukup mengoleskan minyak zaitun atau bahkan olive oil ini pada bagian perut atau bahkan beberapa bagian kulit lainnya yang rentan mengalami stretch mark.

  1. Bersihkan dengan body scrub

Anda juga dianjurkan untuk membersihkan bagian tubuh yang terdapat stretch mark dengan menggunakan body scrub. Anda bisa menggunakan body scrub ini 2 kali dalam satu minggu, pemakaian body srub ini mampu melembutkan bagian kulit serta mampu menyamarkan guratan dibagian kulit.

  1. Perawatan microdermabrasi

Jika stretch mark sudah terjadi, walaupun tidak dapat di hilangkan secara sempurna, namun Anda masih bisa menyamarkannya dengan melakukan perawatan microdermabrasi, peeling, atau bahkan penggunaan lotion yang bisa melembutkan kulit yang memiliki kandungan AHA.

  1. Produk tanning

Anda juga bisa menyamarkan stretch mark dengan menggunakan produk tanning atau penggelap kulit. Anda bisa memberikan olesan yang tipis yang di sesuaikan dengan guratan, dan biarkan sampai mongering, dan setelah itu baurkan secara merata. Sifat dari produk ini hanya sementara, dan bukan untuk menghilangkan stretch mark.

Related Posts

Share This