6 Cara Menyusui Bayi Menggunakan Botol Untuk Pemula

Hai bunda! Perlu bunda ketahui, bahwa dalam memberikan asupan gizi untuk si kecil bisa Anda lakukan dengan beberapa cara, dan salah satunya yaitu dengan memberikan susu. Ketika Anda akan memberikan susu pada bayi, pastinya Anda harus mengetahui serta memahami cara menyusui bayi dengan baik dan benar. Karena pemberian susu kepada bayi bisa Anda lakukan secara langsung atau bahkan melalui dot atau botol susu bayi.

Nah, bagi Anda yang memang memilih untuk menggunakan botol susu atau dot bayi untuk memberikan susu kepada si kecil, pastinya Anda harus memperhatikan beberapa hal terpenting dalam cara menyusui bayi baru lahir dengan menggunakan botol susu.

Dan di bawah ini ada beberapa cara menyusui bayi yang benar dengan menggunakan botol susu bayi, yaitu sebagai berikut:

  1. Sebelum Anda menyusui si kecil dengan menggunakan botol susu bayi, maka sebaiknya terlebih dahulu Anda mencuci dan sterilkanlah botol susu beserta dotnya yang akan di gunakan si kecil. Dan caranya cukup mudah, Anda bisa memanaskan botol susu tersebut di dalam air panas kurang lebih selama 5 menit.
  2. Anda juga bisa menghangatkan botol susu tersebut pada mangkuk yang berisikan air hangat. Anda juga harus memastikan kalau suhu air tersebut tidak terlalu panas untuk si kecil, dengan cara menguji suhu isinya di pergelangan tangan bagian dalam.
  3. Ingat! Anda tidak dianjurkan untuk memanaskan susu beserta botolnya secara bersamaan dengan menggunakan microwave. Karena microwave bisa memanaskan bahan plastic botol yang pastinya akan berbahaya untuk kesehatan si kecil.
  4. Ketika Anda akan menyusui si kecil dengan menggunakan botol susu, Anda bisa mengambil posisi duduk yang membuat Anda dan si kecil nyaman, jangan lupa untuk menyediakan lap yang lembut untuk mengusap sisa-sisa susu yang tertinggal di bagian mulut si kecil.
  5. Anda juga bisa menggunakan bantal atau bahkan lengan Anda sebagai pengganjal agar kepala si kecil tetap dalam keadaan nyaman, sementara itu tangan Anda yang lainnya memegang botol susu si kecil.
  6. Jika si kecil rewel ketika tengah di susui, maka Anda bisa berhenti sejenak dalam aktivitas tersbeut, dan buatlah si kecil untuk bersendawa. Karena ketika si kecil rewel, maka bisa jadi ia tengah merasa tidak nyaman atau bahkan terlalu kenyang.

Menyusui bayi merupakan salah stau momen yang sangat berharga juga mengesankan bagi sebagian besar ibu, karena proses menyusui juga bisa mendekatkan ikatan batin antara ibu dengan anak. Dan bagaimanapun cara yang di gunakan dalam proses menyesui, Anda harus bisa menjadikan momen tersbeut sebagai momen yang paling menyenangkan bagi Anda juga si buah hati. Semoga berhasil ya bunda!

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517