6 Cara Menghilangkan Cegukan Pada Bayi

Hi bunda! Pada kesempatan ini, kami akan membahas materi mengenai cara menghilangkan cegukan yang kerap di alami oleh buah hati bunda, mungkin bagi bunda yang baru memiliki anak, bunda akan merasa panik, khawatir yang bercampur dengan bingung, dan bunda akna berfikir hal apa yang harus di lakukan agar cegukan pada si kecil bisa hilang dengan cepat.

mengatasi cegukan

Namun bunda, satu hal yang harus bunda ingat, ketika ci kecil mengalami cegukan, maka bunda tidak usah khawatir, karena cara mengatasi cegukan ini sangatlah mudah. Walaupun cegukan ini salah satu masalah yang kerap di alami oleh si kecil terutama bayi yang masih berusia di bawah satu tahun, namun cegukan bukanlah salah satu indikasi dari penyakit yang serius, bahkan cegukan ini umum di alami oleh anak-anak, balita bahkan bayi.

Nah, jika si kecil mengalami cegukan secara tiba-tiba, maka bunda bisa mengatasi cegukan si kecil dengan cara menghilangkan cegukan yang akan kami paparkan kali ini, yaitu sebagai berikut:

  1. Ketika si kecil mengalami cegukan ketika disusui, maka bunda bisa mencoba untuk mengubah posisi si kecil dan teruslah susui si kecil sampai cegukan yang di alaminya hilang.
  2. Bunda harus memperhatikan ketika si kecil tengah disusui. Apakah ketika menyusui si kecil ada dalam keadaan tenang atau bahkan ia terlihat begitu semangat, yang memang bisa membuat udara masuk kedalam diafragma.
  3. Selain itu, bunda juga harus memperhatikan posisi Anda dalam menyusui. Posisi menyusui yang benar yaitu putting serta areola payudara harus sepenuhnya masuk kedalam mulut si kecil, setelah itu si kecil atau bayi harus berada di garis lurus dengan keadaan tangan bayi, dan posisi perut si kecil yang harus berhadapan dengan perut ibu ketika menyusui.
  4. Jika cegukan terus dialami oleh si kecil, maka bunda bisa menghentikan terlebih dahulu kegiatan bunda menyusui si kecil. Bunda bisa menyandarkan si kecil dalam posisi tegak dengan menghadap ke bunda dengan posisi kepala tepat berada di bahu bunda. Setelah itu bunda bisa menepuk-nepuk punggung si kecil dengan lembut, sama halnya ketika bunda akan menyendawakan si kecil. Biasanya tindakan ini akan mendorong udara ke atas serta mampu menghentikan cegukan yang terjadi pada si kecil.
  5. Jika si kecil minum susu dari botol, maka yang harus bunda perhatikan yaitu apakah botol yang digunakannya memiliki regulator serta lubang pada dot yang di gunakan. Ketika bunda akan memberikan susu kepada si kecil dengan menggunakan dot, maka bunda harus memilih dot yang memiliki lubang, agar si kecil bisa mengatur ritme dalam menyedot susu, sehingga cegukan tidak terjadi pada si kecil.
  6. Jika si kecil sudah mendapatkan makanan pendamping ASI atau MPASI, maka bunda bisa memberikan makanan dalam jumlah yang sedikit demi sedikit juga secara perlahan, agar si kecil tidak mengalami cegukan.

Nah, itulah beberapa hal yang bisa bunda lakukan dalam cara menghilangkan cegukan pada si kecil, semoga tips yang kami berikan kali ini bisa sangat bermanfaat bagi bunda semua.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517