6 Cara Mengatasi Alergi Dingin Pada Kulit

Cara mengatasi alergi dingin. Salah satu jenis alergi yang banyak dikenal di kalangan masyarakat yaitu bentuk alergi dingin. Jenis alergi ini umumnya bisa menyerang siapa saja, baik dewasa ataupun anak-anak. Alergi dingin akan dialami ketika seseorang yang berpotensi mengalami alergi dingin mengalami keadaan perubahan suhu secara drastis. Bukan hanya itu, alergi jenis ini juga bisa terjadi ketika adanya rangsangat mekanik, cahaya dan lain sebagainya.

Gejala dari alergi dingin ini umumnya muncul di bagian kulit serta pernapasan. Untuk alergi dingin pada kulit, biasanya gejala yang muncul yaitu bentol-bentol, kulit menjadi merah, bahkan di rasa sangat gatal. Dan penyebab utama munculnya alergi pada kulit yaitu ketika adanya pelepasan sejumlah zat kimia yang memang di sbeut dengan histamin.

Untuk cara mengatasi alergi dingin pada kulit, sebenarnya bisa Anda lakukan dengan cara memberikan sejumlah obat yang memiliki kandungan zat antihistamin. Bukan hanya itu, ternyata obat yang memiliki kandungan steroid juga sangat di butuhkan guna proses penyembuhan. Akan tetapi, sebenarnya gejala dari alergi dingin ini bisa hilang dengan sendirinya tanpa harus mengkonsumsi obat-obatan, atau bahkan gejala alergi akan hilang ketika suhu udara kembali normal.

Nah, berikut ini ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan guna mengatasi gejala alergi dingin tanpa harus mengkonsumsi obat-obatan, yaitu sebagai berikut:

1. Jauhi pemicunya

Maksud dari hal ini adalah, Anda dianjurkan untuk menghindari hawa dingin dengan cara menghangatkan badan dengan menggunakan pakaian tebal atau bahkan menggunakan penghangat ruangan atau perapian ketika munculnya cuaca dingin. Maka secara perlahan, keadaan Anda akan membaik dengan sendirinya.

2. Menggunakan pakaian yang tebal

Faktor utama alergi dingin biasanya yaitu suhu udara yang sangat dingin, maka dari itu, Anda sangat membutuhkan hal yang dapat melindungi tubuh Anda, seperti pakaian yang tebal, jaket, syal, atau bahkan kupluk.
Namun selain itu, Anda juga dianjurkan untuk memperhatikan bahan yang di gunakan untuk membuat pakaian Anda. Anda harus memastikan kalau bahan tersebut tidak akan memicu alergi kulit yang lebih parah lagi.

3. Mengoleskan bedak atau lotion

Ketika Anda mengalami alergi, maka Anda bisa mengoleskan bedak atau bahkan lotion yang memiliki kandungan antihistamin atau calamine. Guna mengatasi bentol di bagian kulit, maka Anda bisa menggunakan bedak atau lotion tersebut di bagian kulit yang teriritasi.

4. Pengobatan

Anda bisa mengkonsumsi obat yang memiliki kandungan antihistamin guna meringankan alergi yang Anda alami. Namun untuk kasus yang jauh lebih parah, maka Anda dianjurkan untuk mengkonsumsi obat yang memiliki kandungan kortikosteroid.

5. Mandi air hangat

Ketika cuaca dingin, maka Anda harus menghindari kontak langsung dengan air dingin serta paparan udara yang dingin secara langsung, hal ini bertujuan agar alergi yang Anda alami tidak semakin buruk.

6. Jaga pola makan jauhi stress

Stres juga mampu menjadi pemicu lepasnya histamine, maka dari itu Anda harus menghindari stress dan menjaga pola makan Anda yang sehat juga bergizi, agar hal yang menjadi pemicu alergi dingin bisa Anda hindari.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517