6 Cara Memandikan Bayi yang Aman Juga Menyenangkan

Cara memandikan bayi. Momen memandikan si kecil bisa menajdi salah stau momen yang paling menyenangkan bagi Anda, bahkan momen ini juga bisa Anda jadikan untuk memperkuat ikatan batin Anda dengan si kecil.

Akan tetapi, ketika Anda tidak berhati-hati dalam memandikan bayi, maka momen ketika memandikan si kecil justru bisa menajdi salah satu momen yang bisa membahayakan si kecil.

Maka dari itu, penting bagi Anda untuk mengetahui cara memandikan bayi, karenan hal ini merupakan salah stau cara merawat bayi. Berikut ini ada beberapa cara dalam memandikan si kecil yang aman juga menyenangkan, yaitu sebagai berikut:

  1. Hal pertama yang wjaib Anda ketahui dalam memandikan si kecil yaitu, jangan pernah mengajari si kecil untuk berdiri ketika mereka berada di bathup atau bak mandi. Karena sekali saja bunda mengajari hal tersebut, maka kelak ia akan mencoba sendiri dan lama-kelamaan ia akan terbiasa untuk berdiri di bak mandi. Padahal, si kecil dengan usianya yang masih dini sangat rawan terpelese jika ia berdiri di dalam bak mandi.
  2. Ketika Anda memandikan bayi, pastikan kalau bunda menggunakan air yang bersih yang terbebas dari sabun. Karena sabun serta sampo bisa membuat keadaan kulit si kecil menjadi kering. Guna menghindari bayi yang berendam terlalu lama, maka bunda bisa membiarkan si kecil untuk bermain sejenak, dan setelah itu segera bersihkan tubuhnya dengan menggunakan air bersih.
  3. Gunakan air dengan suhu yang hangat, jangan biarkan keadaan air terlalu panas, karena air yang terlalu panas bisa menyebabkan kulit si kecil menjadi melepuh.
  4. Jangan biarkan si kecil menyentuh keran air walaupun dia belum bisa menggerakkannya. Karena seiringnya bertambah usia si kecil, maka ia akan bisa menggerakan keran air tersebut, dan jelas itu bisa menyebabkan kecelakaan jika tidak di awasi dengan baik. Maka dari itu, ketika si kecil masih bayi, jangan pernah Anda mengenalkannya pada keran air.
  5. Anda juga dianjurkan untuk menjauhkan benda-benda elektronik dari jangkauan si kecil. Misalkan seperti pengering rambut atau bahkan pengriting juga penglurus rambut. Karena jika si kecil bermain dengan benda-benda tersebut tanpa pengawasan Anda, maka hal tersebut bisa menyebabkan kecelakaan yang memang tidak pernah Anda inginkan. Oleh karena itu, Anda harus benar-benar menjauhkan benda-benda tersebut dari jangkauan anak-anak.
  6. Mungkin saja ketika mandi, bunda ingin mengajaknya bermain dengan menambahkan bubble bath pada bak mandi. Namun sebelum hal tersebut terjadi, maka Anda harus mengetahui terlebih dahulu, bahwa bubble bath bisa berpotensi menginfeksi uretra atau saluran kencing si kecil yang memang bisa menyebabkan infeksi saluran kencing terhadap si kecil. Oleh karena itu, sebaiknya Anda menghindari penggunaan bubble bath untuk si kecil ketika mereka mandi.

Related Posts

Share This