6 Cara Cerdas Mendapatkan Tidur Malam yang Baik dan Berkualitas

Waktu yang tepat untuk tidur malam yang baik serta berkualitas setidaknya tujuh (7) jam per malamnya, dan hal tersebut sudah menjadi keharusan bagi tubuh kita. Jika kita lihat dari perspektif kesehatan serta kebugaran, tidur malam yang baik juga mampu membantu tubuh kita untuk ada dalam keadaan ramping dengan membantu menjaga sensitivitas insulin. Hal ini juga mampu mengurangi resiko masuk angin juga mampu meningkatkan kesehatan tubuh terhadap stress. Bukan hanya itu, tidur malam yang baik juga mampu meningkatkan memori juga kinerja otak kita. Dan berikut ini ada 6 cara cerdas agar Anda bisa mendapatkan tidur malam yang baik dan berkualitas yang bisa Anda terapkan dalam keseharian Anda, yaitu sebagai berikut:

Cara Mendapatkan Tidur Malam yang Berkualitas

  1. Memadamkan lampu atau mengurangi tingkat penerangan saat malam

Perlu Anda ketahui, bahwa penerangan di malam hari di dalam kamar tidur mampu mengganggu produksi melatonin serta mampu merusak kualitas tidur Anda. Agar Anda bisa mendapatkan tidur malam yang baik serta berkualitas, maka sebaiknya Anda mematikan semua perangkat elektronik juga lampu yang menerangi kamar tidur Anda.

  1. Jauhkan ponsel dari dekat Anda

Apakah Anda tahu, kalau radiasi ponsel Anda bisa merusak siklus tidur nyenyak Anda? Mengapa demikian? Karena radiasi yang di pancarkan dari ponsel mampu meningkatkan jumlah waktu yang mana diperlukan untuk mencapai siklus tidur nyenak juga mampu mengurangi jumlah waktu yang di habiskan dalam siklus tersebut. Ada sebuah study kecil yang telah di lakukan pada tahun 2007, study tersebut mengemukakan bahwa radiasi yang di pancarkan dari ponsel memang benar-benar bisa menyebabkan insomnia juga mampu menganggu kualitas tidur yang baik bagi Anda.

  1. Buatlah kamar Anda setenang mungkin

Telah di buktikan, bahwa kebiasaan juga mampu menurunkan kualitas tidur secara keseluruhan. Ada beberapa orang yang mengalami kesulitan untuk tertidur nyenyak atau pulas ketika mereka mendengar suara yang keras. Jika hal tersebut di alami oleh Anda, maka Anda bisa menggunakan penyumbat kuping agar suara bising yang menggangu tidur Anda dapat di atasi.

Baca juga : Cara Tidur Nyenyak Dengan Menghindari Kebiasaan Ini

  1. Mengatur jadwal tidur dan menepatinya

Agar Anda mendapatkan tidur malam yang baik, maka Anda membutuhkan kedisiplinan untuk mendapatkan hal tersebut, dan tidak ada salahnya untuk Anda mencoba cara yang satu ini. Anda harus bangun serta tidur di waktu yang sama yang telah di tentukan setiap harinya, bahkan di akhir pekan sekalipun. Tubuh Anda tidak akan mampu membangun ritme yang sangat efektif jika Anda tidak mampu menaati pola tidur malam yang baik tersebut.

  1. Membaca sesuatu yang ringan selama 15 menit sebelum tidur

Anda harus menghindari membaca suatu hal yang berat serta mampu merangsang intelektual diri Anda. Anda harus bisa menggunakan waktu yang Anda miliki untuk membaca suatu bacaan yang ringan. Dan hal ini mampu membantu Anda untuk lebih santai serta mendapatkan tidur malam yang baik dan lelap.

  1. Kualitas kasur Anda

Anda harus memastikan kalau keadaan kasur atau tempat tidur Anda nyaman, sehingga dapat membantu Anda mendapatkan tidur malam yang baik. Keadaan kasur atau tempat tidur yang bersih dan memiliki kualitas yang baik mampu mendukung tidur malam Anda yang baik juga berkualitas.

Dan itulah ke-6 cara agar Anda bisa mendapatkan tidur malam yang baik serta berkualitas. Ingat, Anda jangan terlalu sering untuk begadang serta melewatkan waktu tidur di malam hari tanpa adanya alas an yang kuat. Mengapa? Karena tidur malam yang baik dan berkualitas sangat berpengaruh terhadap produktivitas serta kebuguaran tubuh Anda.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517