6 Cara Ampuh Untuk Mencegah Kanker Serviks

Kanker serviks merupakan salah satu jenis penyakit paling mematikan bagi wanita. Gejala penyakit ini terkadang tidak disadari oleh kebanyakan perempuan. Penyebab dari penyakit ini yaitu Human Papiloma Virus. Mencegah kanker serviks bukan perkara yang sulit. Dalam hal ini yang perlu dilakukan adalah menerapkan pola hidup sehat dan senantiasa menjaga kebersihan organ intim.

Pada kebanyakan kasus, kanker serviks baru terdeteksi memasuki stadium lanjut atau pada kondisi yang sudah parah. Disamping itu, menurut pakar kesehatan menyatakan bahwa awal dari kanker serviks adalah diakibatkan oleh kebiasaan dan gaya hidup yang tidak sehat. Nah, maka dari itu penting sekali bagi Anda untuk mengetahui cara pencegahan kanker serviks sebagai upaya untuk menghindari penyakit mematikan tersebut.

Berikut Ini Cara Mengatasi Kanker Serviks

  1. Menghindari rokok

Pada zaman modern, rokok tidak hanya dinikmati oleh pria saja, akan tetapi wanita juga banyak yang merokok sehingga hal ini meningkatkan resiko terjadinya penyakit kanker serviks. Kandungan zat kimia pada rokok memicu terjadinya infeksi virus yang mengakibatkan kanker serviks. Maka dari itu, alangkah lebih baiknya jika wanita menghindari rokok.

  1. Jauhi seks bebas

Human Papiloma Virus (HPV) dapat menular melalui hubungan seksual. Menurut sebuah riset menunjukan bahwa wanita yang sering melakukan hubungan intim dengan bergonta-ganti pasangan sangat rentan tertular penyakit kanker serviks. Oleh karena itu, mulailah menerapkan kebiasaan baik dan hindari hubungan dengan gonta-ganti pasangan.

  1. Vaksin kanker serviks

Kanker serviks bisa menyerang wanita disegala usia. Untuk pencegahan bisa dilakukan vaksin ketika usia 11 – 26 tahun. Vaksinasi ini bermanfaat dalam menurunkan resiko infeksi virus HPV.

  1. Hindari diet tidak seimbang

Diet merupakan salah satu cara yang biasa dilakukan oleh wanita dalam menurunkan berat badan. Namun tahukah Anda kebiasaan melakukan diet terlalu sering akan meningkatkan resiko penyakit kanker serviks. Diet akan memicu pertumbuhan virus HPV yang merupakan penyebab kanker serviks. Bersikap bijaklah dalam menerapkan pola diet dan pertimbangkan sisi positif serta negatifnya.

  1. Produk yang mengandung bahan kimia

Pada kehidupan yang modern saat ini banyak penggunaan alat yang bersifat instan seperti pembungkus makanan dari bahan plastic dan stirofom. Nah, penggunaan alat tersebut justru akan memicu virus HPV untuk tumbuh dan mengakibatkan kanker serviks. Gunakan alat-alat dalam kehidupan yang lebih aman dan terbebas dari bahan kimia supaya bisa meminimalisir terjadinya kanker serviks.

  1. Pap smear

Pap smear merupakan salah satu metode untuk mendeteksi kanker serviks sejak dini. Dengan melakukan tes ini maka akan menurunkan resiko kanker serviks. Pap smear dianjurkan untuk dilakukan minimal satu tahun sekali.

Demikian beberapa langkah cara mencegah terjadinya kanker serviks. Semoga tips dan cara yang penulis sajikan memberikan manfaat bagi Anda sehingga lebih berhati-hati terhadap resiko penyakit mematikan tersebut.

Related Posts

Share This