6 Cara Ampuh Mengatasi Saraf Terjepit

Ketika Anda menderita saraf terjepit di bagian leher, punggung, atau bahkan bagian-bagian lainnya, maka Anda akan merasakan sakit yang sangat sulit untuk tertahankan. Bahkan, kondisi ini juga kerap kali bisa menghalangi Anda untuk melakukan aktivitas sepert biasanya. Kondisi saraf terjepit ini biasanya akan terjadi ketika jaringan yang berada di sekitarnya seperti tulang, tendon, tulang rawan atau bahkan otot terperangkap atau bahkan bisa dibilang tertekan secara tidak normal pada saraf.

Nah, agar Anda bisa kembali melakukan aktivitas harian, maka ketika Anda mengalami saraf terjepit, segera lakukan beberapa cara sederhana untuk mengatasinya, seperti:

1. Kenali kondisi saraf terjepit

Kondisi seperti ini akan terjadi ketiika ada bagian saraf yang terluka karena adanya penyebab tertentu. Nah, untuk penanganan yang tepat, sebelum Anda mengobati saraf terjepit, Anda harus paham dulu bagaimana kondisi ketika saraf terjepit ini, agar Anda bisa memberikan penanganan yang tepat.

2. Perhatikan gejalanya

Kondisi saraf terjepit umumnya merupakan adanya halangan fisik terhadap sistem tubuh. Biasanya Anda akan merasakan mati rasa untuk gejala saraf terjepit, terjaidnya pembengkakan, kesmeutan, muncul rasa sakit yang menusuk, kejang di bagian otot, bahkan Anda juga akan merasakan lemas di bagian otot. Dan umumnya, ketika anda mengalami saraf terjepit, maka kerap kali dihubungkan dnegan rasa menusuk di sekitar area yang terkena jepitan.

3. Hindari penggunaan berlebihan

Setelah Anda mendiagnosis terjadinya saraf terjepit, maka Anda dianjurkan untuk memulai melakukan perawatan diri guna mengatasi saraf terjepit ini. Anda juga harus menghindari penggunaan tubuh yang mengalami saraf terjepit, atau bahkan gunakan saja seperlunya agar kondisi tidak bertambah parah. Dan cara yang baik untuk mengatasi kondisi ini yaitu dengan mengistirahatkannya secara optimal, hingga pembengkakan serta tekanannya membaik.

4. Tidurlah dengan cukup

Istirahat atau bahkan tidur dalam beberapa saat saja terbukti ampuh untuk memperbaiki kerusakan yang terjadi pada tubuh. Jika memang dibutuhkan, Anda bisa meluangkan waktu beberapa jam lebih lama setiap malamnya sampai Anda benar-benar merasa membaik, atau bahkan hingga rasa sakit yang diakibatkan oleh saraf terjepit ini reda.

5. Gunakan penahan atau bidai

Ada saatnya dimana anda tidak bisa mengistirahatkan bagian saraf yang terjepit karena tuntutan pekerjaan, sekolah atau bahkan kewajiban lainnya yang harus Anda selesaikan. Jika hal tersebut terjadi, maka Anda bisa menggunakan penahan atau bahkan bidai guna mencegah terjadinya gerakan di sekitar anggota tubuh yang mengalami cidera.

6. Tempelkan es atau panas

Terjaidnya saraf terjepit umumnya disertai dengan pembengkakan di sekitar tersebut, dan kondisi ini kerap kali menekan bagian saraf lebih dalam lagi. Guna mengurangi terjadinya pembengkakan serta peningkatan sirkulasi, maka Anda bisa merotasikan antara air es serta air panas guna mengatasi pembengkakan tersebut.

Nah, itu dia beberapa cara yang bisa Anda lakukan ketika Anda mengalami saraf terjepit. Jika perlu, Anda bisa memanggil tukang urut guna memperbaiki posisi urat tersebut, namun jika perlu dan rasa nyeri tidak kunjung sembuh, maka Anda bisa segera menghubungi dokter.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517