6 Cara Agar Anak Mau Makan Dengan Lahap

Persoalan anak tidak mau makan merupakan satu hal yang kerap dihadapi oleh kebanyakan bunda, terutama pada anak yang memang masih berusia balita. Mengapa? Karena di usia anak 1-5 tahun, mereka akan terus aktif bergerak, dan pastinya hal ini akan sangat berpengaruh terhadap pola makan si anak. Dan ketika hal tersebut terjadi, bunda harus mencari cara agar anak mau makan dengan lapan.

Si kecil akan mengalami nafsu makan yang berkurang dikarenakan mereka akan jauh lebih senang untuk bermain daripada mereka harus duduk manis di depan meja serta makan di tempat yang memang sudah bunda siapkan. Nah, jika si kecil tidak mau untuk makan, maka daya tahan tubuh si kecil akan lebih menurun. Bukan hanya itu, ketika si kecil tidak mau makan, ia juga akan dengan mudah terkena penyakit, karena si kecilkurang mendapatkan asupan nutrisi yang baik yang terkandung di dalam makanannya.

cara agar anak mau makan

Nah, cara membujuk anak mau makan merupakan tantangan yang cukup sulit bagi seorang bunda. Bunda akan mendapatkan berbagai macam perlawanan ataupun penolakan dari anak yang biasanya di ikuti dengan tangisan yang bisa membuat bunda merasa prustasi. Dan ketika bunda menghadapi situasi seperti itu, maka bunda akan lebih di tuntut untuk lebih ekstra sabar serta tidak mudah untukterpancing emosi dengan tingkah pola si kecil. Salah-salah, bukannya sikecil mau untuk makan, ia malah akan semakin keras menolak untuk tetap tidak mau makan.

Dan berikut ini ada beberapa tips agar anak mau makan yang bisa bunda ikuti, yaitu sebagai berikut:

  1. Terapkan acara makan bersama keluarga setiap harinya

Ketika si kecil melihat orangtua dan anggota keluarga lainnya makan secara bersamaan, maka si kecil juga akan tertarik untuk menyantap makanan yang dimilikinya. Namun jika si kecil tetap menolak untuk menyantap makanannya, maka bunda bisa meminta si kecil untuk tetap duduk di ruangan tersebut hingga semuanya selesai makan.

  1. Sajikan makanan dalam porsi sedang atau porsi kecil tapi lebih sering

Ada diantaranya anak-anak yang justru akan kehilangan nafsu makan mereka ketika bunda menyajikan porsi makanan mereka dalamporsi yang cukup besar. Jika terjadi kasus seperti ini, biasanya mereka akan merasa kenyang duluan sebelum mereka menyantap makanannya. Oleh karena itu, bunda dianjurkan untuk menyajikan makanan kepada si kecil dalam porsi yang cukup. Dan jika si kecil berhasil menghabiskan semua makanannya, maka bunda bisa memberikannya pujian, dan bunda bisa memberikan makanan lagi kepada si kecil jika si kecil masih merasa lapar.

  1. Ciptakan suasana yang menyenangkan setiap kali anak makan

Bunda bisa menciptakan suasana yang santai dan tidak dalam keadaan terburu-buru, apalagi ketika si kecil masih ada dalam tahapan belajar makan sendiri. Mengapa? Karena pemberian makan yang terburu-buru akan membuat si kecil menjadi tersedak.

Bukan hanya itu, bunda juga bisa menciptakan suasana yang menyenangkan ketika si kecil tengah makan. Misalkan bunda mengajaknya untuk bercakap-cakap, terkait makanan apa yang saat itu tengah ia makan. Mungkin bunda juga bisa memberi tahu si kecil kandungan gizi serta manfaat yang ada di dalam makanan yang ia konsumsi, misalkan si kecil akan cepat tinggi, memiliki tenaga yang kuat, atau bahkan cepat besar. Dengan begitu, si kecil akan senang dengan makanan yang ia konsumsi.

  1. Sajikan menu makanan bervariasi setiap harinya supaya anak tidak bosan

Menu makanan yang bervariasi juga sangat baik dan membantu si kecil dalam mencukupi asupan gizinya. Karena tubuh si kecil masih membutuhkan berbagai macam vitamin juga mineral yang baik untuk tubuh setiap harinya. Oleh karena itu, bunda bisa menyajikan beberapa jenis menu makanan yang memang telah di atur sedemikian rupa, sehingga si kecil mendapatkan semua kandungan gizi yang ia butuhkan. Dan ia tidak akan merasa bosan untuk mengkonsumsi makanan yang sama.

  1. Sajikan makanan dengan tampilan yang menarik

Ketika si kecil enggan untuk makan, maka bunda bisa memberikan tampilan yang menarik, dan hal ini pastinya membuat si kecil merasa semangat untuk memakan makanannya. Agar selera makan si kecil bertambah, maka bunda bisa menyajikan makanan si kecil dalam beberapa potongan bentuk yang lucu, serta di padu padankan dengan warna yang kontras yang memang menark untuk anak. Dan warna-warna tersebut bisa bunda dapatkan dari berbagai jenis sayuran.

Sebagai contoh, bunda bisa menyajikan makanan untuk si kecil dalam bentuk sate bola-bola daging cincang, sate buah, mini pancake, ayam yang di balut dengan tepung, bola-bola kentang goreng, serta beberapa jenis makanan lainnya yang kaya akan nutrisi juga gizi.

  1. Orang tua harus sabar

Bisa saja hari ini si kecil mau memakan makanan yang bunda sajikan, namun beberapa hari kemudia, mungkin si kecil akan menolaknya untuk memakan. Ketika kasus tersebut terjadi, maka bunda harus terus bersabar dalam memberikan makan kepada si kecil, karena setiap anak memiliki karakter yang berbeda-beda.

Itulah beberapa cara agar anak mau makan. Kunci utama yang harus bunda miliki ketika si kecil mulai enggan untuk mengkonsumsi makanan yang bunda sajikan yaitu bersabar dan jadilah orang yang lebih kreatif untuk membujuk si kecil agar mau makan. Semoga tips agar anak mau makan yang kami berikan kali ini bisa sangat membantu bunda semua. Semoga berhasil!

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517