6 Anggota Tubuh yang Sebaiknya Tidak Tersentuh Oleh Tangan

Anggota tubuh manusia terdiri dari beberapa bagian dan semuanya memiliki fungsi masing-masing. Kebersihan dan kesehatan anggota tubuh sangat penting untuk diperhatikan. Jika salah satu anggota tubuh terkena gangguan maka kemungkinan bisa berpengaruh terhadap bagian yang lainnya. Bahkan kondisi tersebut bisa menghambat aktivitas Anda sehari-hari.

Nah, berkaitan dengan hal tersebut ternyata ada beberapa bagian tubuh yang sebaiknya tidak disentuh oleh tangan. Mengapa demikian? Hal ini terkait dengan kebersihan dan kesehatan dari anggota tubuh tersebut. Jika Anda menyentuhnya sembarangan tanpa memperhatikan kebersihan maka kemungkinan bisa oterjadi infeksi akibat kuman dari tangan atau bahkan anggota tubuh tersebut terdapat banyak kuman yang bisa menempael pada tangan.

Lalu bagian tubuh mana saja yang sebaiknya tidak disentuh tangan? Berikut ini ada beberapa anggota tubuh yang perlu dihindari oleh sentuhan tangan.

1. Wajah

Hindari kebiasaan memegang bagian wajah tanpa mencuci tangan terlebih dahulu. Perlu Anda ketahui bahwa tangan merupakan salah satu anggota tubuh yang mengandung banyak kuman dan abkteri sehingga bisa beresiko terhadap infeksi atau timbulnya gangguan pada kulit wajah.

2. Lubang Telinga

Jangan membiasakan memasukan jari ke lubang telinga ataupun memasukan benda apapun. Hal ini karena kebiasaan tersebut bisa merusak dan mengiritasi bagian atau lapisan kulit di lubang telinga. Disamping itu, kotoran telinga akan terdorong kedalam jika Anda mengorek telinga sehingga beresiko terjadi penyumbatan.

3. Mata

Kebiasaan mengucek-ucek atau memegang mata sebaiknya Anda tinggalkan mulai saat ini. Kebiasaan tersebut sangat berbahaya untuk kesehatan mata karena bisa menyebabkan terjadinya penyebaran kuman dan bakteri. Apabila Anda merasakan mata gatal dan kering sebaiknya jangan dipegang, biarkan hingga kondisinya membaik sendiri. Namun jika kondisinya dirasa aneh maka segera [eriksa ke dokter.

4. Bokong

Bagian Anus mengandung banyak kuman dan bakteri yang bisa memicu terjadinya infeksi. Sehabis Anda mencuci atau menyeka bokong sebaiknya mencuci tangan menggunakan sabun untuk mencegah terjadinya penularan bakteri.

5. Lubang Hidung

Segera tinggalkan kebiasaan mengupil karena tanpa disadari bisa mengalami infeksi bakteri yang disebut dengan Staphylococcus Aures. Hal ini berdasarkan sebuah studi dari jurnal Infection Control and Hospital Epidemilogy Tahun 2006.

6. Mulut

Jangan membiasakan untuk memasukan jari tangan ke mulut karena tindakan tersebut beresiko terhadap infeksi bakteri yang berasal dari tangan. Kuman dan bakteri tersebut bisa bersarang pada mulut dan emnimbulkangejala berbahaya.

Nah, demikian beberapa bagian tubuh yang sebaiknya tidak disentuh oleh tangan. Perlu Anda ketahui bahwa tangan merupakan sarang bakteri karena anggota tubuh ini paling banyak berinteraksi dengan segala macam benda. Utamakan kebersihan dengan mencuci tangan menggunakan sabun setelah buang air dan sebelum Anda menyentuh makanan.

Related Posts

Share This