6 Alternatif Pengasuhan dan Penyapihan Bayi Pada Malam Hari

Sebagian bayi mempunyai kebiasaan terbangun pada malam hari untuk menyusu. Kebiasaan tersebut bagi sebagian ibu mungkin tidak masalah karena bayi memerlukan makanan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi pada masa pertumbuhannya. Akan tetapi bagi mereka yang harus bekerja di esok hari terkadang merasa terganggu ketika bayi terbangun dan terjaga pada malam hari.

Penyapihan Bayi Pada Malam Hari

Dalam hal ini Anda tidak bisa menyalahkan bayi yang sering terbangun pada malam hari. Anda sebagai orangtua harus mempunyai cara khusus dalam mengatasi kebiasaan tersebut supaya tidak mengganggu waktu istirajhat pada malam hari. Anda harus cerdas dalam membuat perubahan jadwal menyusui bayi pada malam hari. Solusi yang tepat akan membantu Anda dalam mengatasi hal tersebut tanpa merugikan dan menghambat kebutuhan nutrisi bagi bayi.

Solusi Untuk Menangani Pengasuhan Sepanjang Malam

  1. Penuhi kebutuhan makan bayi pada siang hari

Bayi yang sering terbangun pada malam hari disebabkan oleh kondisi perut yang lapar. Terkadang pada siang hari bayi lebih asik untuk bermain sehingga ibu lupa untuk menyusui bayi. Untuk mengatasi kebiasaan bayi yang sering terbangun pada malam hari akibat kelaparan, sebaiknya Anda lebih memperhatikan kebutuhan makan bayi pada siang hari. Pastikan bayi merasa kenyang pada siang hari sehingga pada malam hari bayi tidak akan terbangun.

  1. Sentuhan fisik di siang hari

Sentuhan fisik akan berpengaruh terhadap kualitas tidur bayi pada malam hari. Bayi akan merasa lebih nyaman sehingga pada malam hari bayi tidak akan rewel. Sentuhan fisik bisa Anda lakukan dengan cara lebih sering menggendong bayi pada siang hari. Selain itu, pijatan lembut akan membuat bayi lebih rileks.

  1. Menyusui bayi sebelum jadwal tidur malam
Baca Juga:  Apakah Boleh Pisang Untuk Bayi?

Menyusui bayi sampai kenyang sebelum jadwal tidur malam merupakan salah satu hal yang penting. Kondisi perut bayi yang kenyang sebelum tidur akan meminimalisir kemungkinan untuk terbangun pada malam hari. Dengan cara ini diharapkan bayi akan tidur lebih nyenyak pada malam hari. Kegiatan menyusui bayi sebelum tidur harus dilakukan secar rutin.

  1. Buatlah ASI tidak selalu tersedia

Ketika bayi menyusu pada malam hari cobalah untuk melepaskan kedekatan bayi dengan payudara secara perlahan. Bayi akan cepat tertidur ketika tidak menemukan putting susu. Akan tetapi dalam hal ini Anda harus benar-benar memastikan kalau bayi sudah merasa kenyang.

  1. Tingkatkan jarak tidur dengan bayi

Cara lain untuk melepaskan ASI dari bayi pada malam hari yaitu dengan pengaturan tempat tidur. Cobalah untuk menidurkan bayi ditempat tidur khusus sehingga ada jarak antara ibu dan bayi. Pada awal-awal mungkin bayi merasa tidak terbiasa. Akan tetapi apabila dilakukan terus menerus dengan penuh kesabaran maka bayi akan mulai terbiasa dengan kondisi baru sehingga Anda akan lebih tenang untuk beristirahat pada malam hari.

  1. Tidurlah di ruangan berbeda

Solusi lain untuk melakukan penyapihan bayi pada malam hari yaitu memisahkan tempat tidur bayi. Tempatkan bayi di ruangan yang berbeda. Dalam hal ini Anda harus menyediakan tempat tidur yang aman bagi bayi. Teknik memindahkan dan memisahkan bayi di ruangan lain bisa menjadi alternatif terakhir bagi Anda apabila beberapa cara diatas tidak berhasil untuk menyapih bayi pada malam hari.

Demikian beberapa alternatif yang bisa Anda lakukan dalam melakukan penyapihan bayi di malam hari. Hal terpenting dalam mencegah bayi terjaga pada malam hari yaitu membuatnya tenang, nyaman dan kondisi perut kenyang. Memenuhi kebutuhan bayi sebelum tidur akan membuatnya terlelap sepanjang malam.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi Bundakim.com. Instagram: @bundakim7 SMS / WA: 0813 2154 8517