5 Tips Untuk Menjaga Kesehatan Kehamilan

Memiliki bayi yang sehat tentunya menjadi dambaan setiap ibu hamil. Menjaga kehamilan adalah salah satu cara untuk mewujudkan keinginan tersebut. Banyak hal yang harus dilakukan ataupun dihindari pada waktu hamil supaya perkembangan janin berjalan normal. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kehamilan yaitu dengan memperhatikan asupan makanan yang bergizi.

Kehamilan sehat ternyata dipengaruhi oleh kondisi kesehatan ibu hamil. Jika kondisi kesehatan ibu hamil terganggu maka akan berdampak buruk terhadap kesehatan janin di dalam kandungan. Pada kondisi yang lebih serius bisa mengakibatkan kematian pada janin. Oleh karena itu, pada kesempatan ini penulis akan berbagi tips untuk menjaga kehamilan.

Berikut Tips Untuk Menjaga Kesehatan Kehamilan

  1. Mengkonsumsi makanan yang bergizi

Tips menjaga kehamilan yang pertama yaitu dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi. Pada waktu hamil, makanan yang bergizi sangat dibutuhkan karena merupakan salah satu faktor penting yang menunjang perkembangan dan kesehatan janin di dalam kandungan. Ibu hamil sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang bergizi seperti sayuran, buah-buahan, daging, ikan,telur dan jenis makanan bergizi lainnya.

  1. Istirahat

Ibu hamil disarankan untuk mencukupi waktu istirahat. Para ahli kesehatan menyarankan supaya ibu hamil tidak banyak bergerak. Yang dimaksud jangan banyak bergerak di sini adalah tidak dianjurkan untuk melakukan aktivitas berat yang bisa membahayakan kehamilan. Ibu hamil harus meluangkan banyak waktu untuk beristirahat dan menghindari aktivitas yang melelahkan.

  1. Olahraga

Ibu hamil dianjurkan untuk melakukan olahraga. Perlu Anda ketahui bahwa olahraga akan berdampak positif terhadap perkembangan janin dan menjaga kebugaran ibu hamil. Olahraga yang dimaksud di sini tentunya olahraga khusus untuk ibu hamil. Salah satu contohnya yaitu yoga, jalan kaki santai ataupun berenang. Olahraga pada waktu hamil harus dilakukan secara teratur dan jangan berlebihan. Hindari jenis olahraga berat dan menyebabkan kelelahan.

  1. Perhatikan kondisi kebersihan lingkungan

Lingkungan merupakan salah satu hal yang berpengaruh terhadap kesehatan seseorang, terutama ibu hamil. Lingkungan yang sehat akan menunjang kesehatan ibu hamil dan janin di dalam kandungan. Oleh karena itu, ibu hamil harus senantiasa berada di lingkungan yang bersih supaya terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan yang bisa membahayakan kehamilan.

  1. Rutin memeriksakan kehamilan ke dokter

Periksakan kehamilan Anda secara rutin ke dokter. Hal ini bertujuan untuk melihat perkembangan janin di dalam kandungan dan deteksi dini jika ada kelainan dalam kehamilan Anda. Pemeriksaan yang dilakukan secara rutin sangat berguna untuk menunjang kehamilan yang sehat.

Nah, itulah tips menjaga kesehatan kehamilan yang bisa Anda lakukan. Selain beberapa poin diatas, pada waktu hamil Anda juga disarankan untuk mencukupi kebutuhan cairan tubuh dengan cara mengkonsumsi air putih minimal 2 liter setiap harinya.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517