5 Tips Untuk Ibu Hamil 6 bulan

Bagi pasangan yang baru menikah, hamil anak pertama merupakan salah satu moment yang membahagiakan dan ditunggu-tunggu. Namun seringkali banyak ibu hamil baru yang merasa kebingungan untuk menjalani kehamilan, terlebih lagi jika usia kehamilan sudah menginjak trimester akhir. Pada usai hamil 6 bulan, ada beberapa hal yang sebaiknya ibu hamil perhatikan. Salah satunya yaitu asupan nutrisi dan menjaga kesehatan.

Memasuki hamil usia 6 bulan, perkembangan janin berlangsung dengan sangat pesat. Pada periode ini berlangsung perkembangan paru-paru yang sudah memiliki kemampuan untuk memproduksi sebuah zat yang disebut surfaktan untuk menunjang fungsi paru-paru.

Pada periode ini biasanya ibu hamil akan mengalami beberapa keluhan seperti perasaan cepat lelah dan perubahan mood yang tidak menentu. Selain itu, ibuh hamil akan mulai merasakan kram pada kaki akibat janin yang semakin berkembangn sehingga memberikan tekanan atau beban yang berlebih terhadap tumpuan kaki.

Selain itu, ibu hamil 6 bulan cenderung lebih mudah lelah. Upaya untuk mengatasi keluhan tersebut bisa dilakukan dengan cara mencukupi kebutuhan nutrisi dengan asupan makanan yang bergizi setiap harinya. Selain itu, ibu hamil juga bisa melakukan olahraga ringan seperti jalan kaki santai atau senam khusus untuk ibu hamil 6 bulan.

Berikut Ini Tips Ibu Hamil 6 Bulan

Rutin Jalan Kaki

Nah, salah satu cara untuk mengatasi keluhan seputar kehamilan 6 bulan yaitu dengan cara rutin berjalan kaki. Lakukan kegiatan sehat ini setiap pagi secara rutin minimal 20 menit. Jalan kaki memiliki banyak manfaat untuk kesehatan terutama untuk ibu hami.

Dengan aktif bergerak maka akan memperlancar sirkulasi darah sehingga akan meminimalisir keluhan seputar kram dan bengkak pada kaki. Selain itu, dengan berjalan kaki maka akan membuat tubuh Anda senantiasa bugarĀ  dan meningkatkan sistem imun tubuh dan janin.

Berendam Dengan Air Hangat

Selanjutnya yaitu berendam menggunakan air hangat. Manfaat berendam menggunakan air hangat yaitu untuk menghilangkan stres dan membuat pikiran senantiasa rileks. Hilangkan semua stres dari aktivitas yang Anda jalani dengan terapi air hangat ini. Salah satu hal yang perlu Anda perhatikan yaitu pengaturan suhu dari air yang akan digunakan untuk berendam.

Berenang

Menginjak usia kehamilan 6 bulan, berenang bisa menjadi salah satu aktivitas sehat yang bisa Anda lakukan. Berenang tergolong salah satu aktivitas fisik yang terbilang aman untuk kesehatan Anda dan juga bayi didalam kandungan.

Berenang bermanfaat untuk memperlancar sirkulasi darah, menghilangkan stres dan keluhan yang Anda rasakan pada periode ini. Usahakan jangan berenang di kolam renang umum karena dikhawatirkan kurang bersih.

Berkomunikasi Dengan Bayi

Perkembangan indera pendengaran bayi di usia 6 bulan sudah berjalan dengan sangat baik dan hampir sempurna. Oleh karena itu, Anda bisa mengajak si kecil untuk ngbrol. Hal ini berguna untuk menstimulus perkembangan otaknya. Selain mengajaknya mengobrol, Anda juga bisa memperdengarkan musik klasik untuk si kecil.

Merasakan Gerakan Bayi

Merasakan gerakan janin merupakan salah satu pengalaman yang sangat berkesan dan membahagiakan bagi setiap ibu hamil. Adanya gerakan janin berupa tendangan perut merupakan salah satu ciri bahwa janin berkembang dengan sangat baik.

Sambil merasakan gerakan janin, elus-elus perut Anda seakan-akan sedang mengelus si kecil. Hal ini bermanfaat sebagai stimulus positif bagi janin. Selain itu ajak janin untuk ngobrol sambil Anda mengelus perut.

Nah, itulah tips kehamilan 6 bulan yang bisa Anda lakukan. Perhatikan asupan makanan yang bergizi dan hindari aktivitas yang berlebihan dan bisa menyebabkan kelelahan. Semoga bermanfaat.

Related Posts

Share This