5 Tips Mudah Menyiapkan Bekal Makan Siang Sehat Untuk Anak

Resep makana anak. Bekal yang Anda siapkan dari rumah untuk si kecil jelas jauh lebih sehat jika dibandingkan dengan makanan yang disiapkan oleh ibu kantin di sekolah. Apalagi, jajanan yang disajikan di kantin sekolah belum tentu bisa di jamin kebersihannya.

Namun, kenapa bekal makanan yang ibu siapkan dari rumah selalu tidak habis atau bahkan malah di makan oleh teman-temannya? Padahal Anda telah menyajikan resep makanan untuk anak yang memiliki kandungan gizi juga nutrisi yang baik untuk si kecil.

Nah, jika hal tersebut terjadi, bisa jadi bekal atau bahkan resep makanan untuk anak anak yang Anda siapkan kurang menarik atau bahkan si kecil bosan dengan bekal yang itu-itu saja. Maka dari itu, Anda harus lebih kreatif dalam menyajikan bekal makan siang untuk anak, agar si kecil mau memakannya hingga habis.

Untuk Anda yang memang ingin menyiapkan bekal makan siang yang sehat untuk si kecil, maka ada beberapa tips yang harus Anda perhatikan, diantaranya yaitu sebagai berikut:

  1. Buat Bekal Penuh Warna

Bukan hanya menarik, namun bahan makanan yang berwarna-warni biasanya memiliki kandungan gizi yang berbeda, sehingga bekal makanan yang Anda buat bisa memenuhi variasi gizi yang memang di butuhkan oleh si kecil.

  1. Buat Bentuk yang Menarik

Nah, mungkin Anda pernah melihat atau bahkan terinspirasi bekal makanan siang juga bento dari berbagai media sosial yang menarik, dengan berbagai macam bentuk juga ukuran. Agar si kecil bisa tertarik dengan makanan yang Anda sajikan, maka Anda bisa mencoba untuk membuat potongan apel dengan bentuk bintang, atau bahkan roti dengan bentuk binatang dan lain sebagainya, agar si kecil lebih tertarik untuk mengkonsumsi makanan yang ia bekal dari rumah.

  1. Buat Bekal yang Mudah Disiapkan

Pagi hari merupakan waktu yang sangat merepotkan ketika semua anggota keluarga bersiap untuk pergi ke kantor atau bahkan ke sekolah. Anda bisa menyiapkan bekal makanan untuk anak dari malam hari, sehingga bekal yang Anda siapkan tinggal di panaskan, dan itu lebih praktis. Atau jika memang tidak sempat, Anda bisa membuat bekal makan yang memang mudah untuk dibuat, seperti ayam goreng atau bahkan nasi goreng yang nantinya Anda tata dengan sangat cantik untuk bekal makan anak.

  1. Biarkan Anak Memilih

Anda bisa memberikan si kecil pilihan dari beberapa menu makanan sehat yang Anda siapkan, dan setelah itu tanyakan kepadanya bekal apa dan seperti apa yang ia inginkan.

  1. Variasikan Menu Bekal

Sandwich memang mudah untuk Anda siapkan sebagai bekal makan siang. Namun jika si kecil dibekali sandwich setiap harinya, maka patsinya ia akan merasa bosan.

Maka dari itu, Anda bisa memvariasikan menu bekal yang Anda buat. Misalkan roti yang Anda gunakan bisa divariasikan dari roti putih biasa menjadi roti pita, tortilla, roti gandum, dan lain sebagainya. Dan hal yang sama juga bisa Anda lakukan pada menu lainnya yang Anda siapkan.

Pintar juga kratif dalam membuat bekal makan siang yang menarik serta tidak membosankan pastinya akan membuat si kecil bersemangat untuk menikmati bekal makan yang memang Anda buat untuknya. Dan yang pasti, menu bekal makan siang tidak harus Anda siapkan dengan sulit, Anda bisa menyiapkaan menu makanan yang mudah untuk dibuat.

Related Posts

Share This