5 Tips Merawat Kehamilan Agar Tetap Sehat

Merawat kehamilan memang bisa dibilang sebagai hal yang gampang-gampang susah. Dalam hal ini Anda dituntut untuk berhati-hati bertindak, selektif dalam memilih jenis makanan dan menghindari semua hal yang bisa membahayakan kehamilan.

Ibu hamil dituntut untuk mengelola emosi supaya terhindar dari perasaan stres. Perlu Anda ketahui bahwa stres merupakan salah satu hal yang bisa menyebabkan kehamilan terganggu. Stres bisa berdampak buruk terhadap perkembangan janin di alam kandungan.

Nah, Berikut Tips Menjaga Kehamilan

  1. Konsultasi dengan dokter

Tips menjaga kehamilan yang pertama yaitu rutin melakukan pemeriksaan ke dokter. Berkonsultasi dengan dokter merupakan salah satu cara terbaik dalam mencegah terjadinya masalah pada kehamilan. Pemeriksaan yang dilakukan secara rutin berguna untuk mendeteksi perkembangan dan kelainan yang mungkin bisa membahayakan kesehatan Anda serta janin.

  1. Mengkonsumsi makanan bergizi

Makanan bergizi sangat penting, terutama bagi ibu hamil. Makanan merupakan salah satu faktor yang bisa memberikan efek negatif dan positif terhadap janin di dalam kandungan. Ahli kesehatan menyarankan supaya ibu hamil bisa lebih selektif dalam memilih makanan. Ibu hamil harus mengutamakan makanan yang menagndung nutrisi seperti vitamin, protein dan mineral.

  1. Memperhatikan kebersihan makanan

Selain jenis makanan, hal penting yang harus mendapat perhatian adalah kebersihan dari makanan tersebut. Makanan kotor dalam artian proses pengolahannya kurang higienis sangata beresiko menyebabkan terjadinya gangguan pada kehamilan. Makanan kotor rentan mengandung bakteri atau mikroorganisme lain yang bisa mengancam kesehatan Anda dan janin di dalam akndungan.

Makanan yang tidak diolah dengan baik dikhawatirkan mengandung bakteri Listeria, Toksoplasma maupun Salmonela. Maka dari itu, pilihlah makanan yang benar-benar sehat dan biasakan untuk mengolah dengan cara yang benar.

  1. Olahraga

Manfaat olahraga tidak perlu diragukan lagi jika dilakukan dengan benar selama hamil. Olahraga berguna untuk menjaga kebugaran, melancarkan sirkulasi darah dan mencegah berbagai macam keluhan seputar kehamilan. Pilihlah jenis olahraga khusus ibu hamil seperti yoga ataupun latihan meditasi. Selain untuk kebugaran tubuh dan perkembangan janin, olehraga juga sangat efektif dalam mengontrol emosi ibu hamil.

  1. Vitamin kehamilan

Dalam hal ini vitamin/suplemen kehamilan bukanlah solusi untuk mengganti pola makan, namun hal ini bisa membantu melengkapi kebutuhan nutrisi. Namun konsumsi vitamin kehamilan lharus dilakukan secara teratur dan tidak boleh berlebihan. Jenis suplemen yang bisa dikonsumsi oleh ibu hamil yaitu asam folat. Dosis yang dianjurkan yaitu 400 mcg setiap harinya. Manfaatnya untuk mencegah janin cacat dan resiko kelahiran secara prematur.

Selain itu, anjuran vitamin A sebanyak 12 mcg dan vitamin D sebanyak 10 mcg setiap harinya. Masing-masing vitamin tersebut memiliki manfaat untuk menunjang kesehatan mata dan membantu pembentukan tulang.

Nah, demikian beberapa tips hamil sehat yang bisa Anda lakukan. Semoga ulasan ini bisa menambah wawasan sehingga bermanfaat bagi Anda dalam menjalani masa kehamilan.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517