5 Tips Menurunkan Berat Badan Bagi Ibu Menyusui

Tips menurunkan berat badan. Selama menjalankan masa kehamilan, pastinya setiap wanita akan mengalami kenaikan berat badan, yaitu sekitar 10-15 kg, dengan berat 2-5 kg merupakan lemak yang memang disimpan selama masa kehamilan. Ketika itu, lemak tersebut di simpan dengan tujuan untuk memberikan Anda energi lebih banyak ketika nantinya Anda memasuki masa menyusui.

Penting untuk kita ketahui, bahwa menyusui bukan hanya cara yang baik untuk memberikan nutrisi yang cukup untuk si kecil, namun menyusui ini juga merupakan salah satu cara terbaik untuk menurunkan berat badan setelah melahirkan.

Mungkin saja ada beberapa diantaranya wanita yang memang mengalami kesulitan untuk menurunkan berat badan. Hal ini bukan dikarenakan terlalu banyak makan, akan tetapi dikarenakan auspan kalori yang kurang.

Nah, di bawah ini ada beberapa tips menurunkan berat badan dengan cepat bagi ibu yang tengah menyusui, yaitu sebagai berikut:

  1. Makan Teratur

Anda harus berusaha agar pola makan Anda teratur, dan ketika itu selingi dengan mengkonsumsi makanan yang ringan setiap beberapa jam sekali. Karena Anda sangat membutuhkan energi yang jauh lebih banyak untuk Anda menyusui si kecil.

  1. Perbanyak Minum

Kandungan yang terdapat dalam ASI 50% nya yaitu air. Bukan hanya itu, air ini juga merupakan salah satu komponen yang sangat penting untuk memproses metabolisme yang ada dalam tubuh Anda. Maka dari itu, Anda dianjurkan untuk meminum 2 liter air dalam satu hari.

  1. Olahraga

Anda bisa melakukan sejumlah olahraga ringan, pastinya dengan seijin dokter setelah Anda melahirkan. Hal ini bertujuan untuk membantu Anda dalam menurunkan berat badan Anda. Olahraga yang Anda lakukan secara teratur serta memiliki peningkatan, gerakan juga durasi, pastinya sangat membantu Anda dalam mengembalikan bentuk badan Anda yang ideal.

  1. Hindari Stres

Ketika Anda mengalami stress, maka keadaan tubuh Anda akan mengeluarkan hormon cortisol, yang mana hormon tersebut mampu meningkatkan pacu jantung Anda, memperlambat sistem pencernaan juga mampu mengalirkan aliran darah menjauhi sistem pencernaan Anda.

Maka dari itu, jika Anda tidak makan secara teratur, stress juga kurangnya tidur, maka proses dalam penurunan berat badan Anda akan terganggu.

  1. Hidup Sehat

Jika Anda sudah melakukan segala sesuatunya dengan sangat benar juga teratur, namun berat badan Anda tidak juga kunjung menurun, maka bisa jadi hal tersebut dikarenakan hormon atau bahkan kesehatan Anda.

Dan salah satu pilihan yang harus Anda lakukan yaitu menerapkan pola hidup sehat. Anda dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang sehat juga bersih, juga melakukan olahraga secara teratur. Dan ketika Anda tidak lagi menyusui, maka Anda bisa melakukan diet sehat guna menurunkan berat badan Anda.

Satu hal yang harus Anda ingat, bahwa ASI sangatlah penting untuk si kecil dan dalam proses penyusui, karena hal ini juga merupakan cara untuk memperkuat ikatan antara Anda dengan buah hati Anda. Dan pastinya hal tersebut sangat penting jika dibandingkan dnegan angka berat badan Anda, bukan?

Related Posts

Share This