5 Tips Menjaga Kesehatan yang Tepat Ketika Anda Berada Di Depan Komputer

Tips menjaga kesehatan. Perkembangan teknologi pada saat ini semakin berkembang dengan sangat pesat. Berbagai mesin dan peralatan canggih kini diproduksi masal untuk memludahkan suatu pekerjaan atau produksi. Salah satu peralatan elektronik yang semakin berkembang yaitu komputer. Alat elektronik yang satu ini banyak menguntungkan dan memudahkan suatu pekerjaan. Akan tetapi dibalik manfaatnya tersebut, ternyata duduk lama depan komputer berbahaya untuk kesehatan Anda.

Komputer dan laptop nampaknya sudah menjadi salah satu bagian hidup banyak orang. Alat tersebut bisa membantu mempermudah suatu pekerjaan dan juga digunakan untuk berkomunikasi melalui jejarig sosial di internet. Namun disisi lain keberadaan laptop dan komputer ternyata membawa dampak negatif untuk kesehatan. Oleh karena itu, sebaiknya lakukan tips sehat berikut ini untuk terhindar dari resiko bahayanya.

1. Atur Posisi Tubuh

Salah satu hal yang sebaiknya Anda lakukan yaitu mengatur posisi tubuh yang tepat ketika berada didepan laptop ataupun komputer. Duduk dengan posisi yang benar dan punggung tegak serta jangan membungkuk. Selain itu, atur juga posisi mata dan layar komputer supaya jangan terlalu dekat.

2. Menjaga Pola Makan

Kebiasaan berada didepan komputer setiap hari bisa berpengaruh terhadap penambahan berat badan. Oleh karena itu supaya Anda tetap sehat maka perhatikan pola makan sehari-hari dengan mengkonsumsi makanan bergizi. Hal ini bertujuan untuk memperlancar metabolisme tubuh dan menjaga sistem imun.

3. Berolahraga

Berada terlalu lama didepan layar komputer membuat tubuh tidak bergerak dalam waktu cukup lama. maka dari itu sempatkanlah untuk berolahraga pagi secara rutin untuk meregangkan otot-otot dan persendian pada tubuh Anda. Selain itu, lakukan peregangan pada lbagian jari dan kaki Anda untuk mencegah kram akibat terlalu lama depan komputer.

4. Persering Mengedipkan Mata

Biasakan untuk mengedipkan mata lebih sering ketika berada didepan layar komputer. Hal ini bertujuan untuk mencegah berbagai resiko bahaya penyakit mata.

5. Batasi Penggunaan Komputer

Jangan terlalu lama didepan komputer. Berikan jeda setiap 45 menit sekali. Hal ini bertujuan untuk menghindari berbagai resiko terhadap kesehatan Anda. Mulai dari bahaya duduk terlalu lama maupun akibat menatap layar komputer terlalu lama.

Berada didepan layar komputer dalam jangka waktu lama dan sering memang sangat beresiko terhadap kesehatan. Banyak dampak negatif yang mengancam tubuh jika Anda tidak memperhatikan pola hidup sehat.
Yang terpenting adalah selalu menyempatkan waktu untuk berolahraga dan perhatikan pula makanan sehat. Olahraga akan membantu Anda untuk terhindar dari resiko kram ataupun gangguan sirkulasi darah lainnya akibat duduk terlalu lama depan komputer.

Jeda waktu dalam penggunaan komputer memang diperlukan. Jangan sampai Anda seharian berada didepan komputer tanpa bergerak ke tempat lain. Hal ini yang emmicu timbulnya berbagai penyakt pada tubuh. Semoga bermanfaat.

Related Posts

Share This