5 Tips Mencegah Gangguan Pencernaan Pada Anak

Gangguan pencernaan pada anak bisa menjadi salah satu permsalahan serius. Hal ini karena jika pencernaan terganggu maka bisa berdampak buruk terhadap penyerapan nutrisi yang mengakibatkan terganggunya tumbuh kembang anak. Namun seringkali banyak orangtua yang mengabaikan kesehatan pencernaan anak sehingga tidak memberikan kontrol terhadap makanan yang dikonsumsinya.

Anak-anak pada usia sekolah dasar biasanya belum mengerti pentingnya menjaga kesehatan pencernaan. Jajan sembarangan merupakan salah satu fenomena bahwa anak-anak belum memiliki kesadaran akan pentingnya pola hidup sehat. Tampilan jajananan yang menarik yang dijajakan di lingkungan sekolah membuat anak tidak berpikir panjang dan mencoba semuanya.

Salah satu yang dikhawatirkan adalah adanya pedangang nakal yang mencampurkan bahan kimia, pengawet dan pewarna sintetis pada jajanan anak-anak. Hal ini tentunya meningkatkan resiko anak terkena gangguan pencernaan. Oleh karena itu peran penting orangtua sangatlah dibutuhkan supaya anak tidak terkena masalah kesehatan yang serius.

Cara yang terbilang cukup efektif untuk meminimalisir gangguan pencernaan pada anak yaitu dengan memberikan bekal makanan setiap hari dengan menu yang bervariasi. Dengan begitu si kecil akan terhindar dari bahaya makanan pinggir jalan dan pastinya kesehatan pencernaannya akan selalu terjaga dengan baik.

Berikut Tips Menjaga Kesehatan Pencernaan Anak

  1. Pilihlah Makanan Yang Minim Bahan Kimia Berbahaya

Dalam menyajikan makanan sehat dan bergizi, tentunya Anda harus memilih bahan-bahan yang berkualitas dan bebas dari bahan kimia. Dalam hal ini Anda jangan tergiur dengan harga ataupun tampilan yang mencolok. Makanan yang memiliki tampilan mencolok sangat dikhawatirkan menggunakan bahan berbahaya sebab jika menggunakan pewarna alami tidak seperti itu tampilannya.

  1. Jangan Asal Belanja

Pada waktu membeli makanan sebaiknya Anda lebih selektif dan jangan asal membeli. Pastikan bahwa makanan tersebut memiliki label yang jelas dan terbebas dari kandungan bahan kimia berbahaya. Selain itu, pastikan pula tanggal kadaluarsanya.

  1. Lebih Jeli Dalam Memilih Janjanan

Naluriah anak memang lebih cenderung tergoda dengan tampilan makanan yang memiliki warna mencolok dan menarik. Dalam hal ini Anda harus mengajarkan pada anak untuk memilih makanan yang layak dikonsumsi dan tidak layak. Jelaskan pula pada anak tentang bahaya makanan yang tidak bersih dan mengandung bahan kimia.

  1. Perhatikan Kebersihan Makanan Tersebut

Mulailah mengajarkan pola hidup sehat pada anak dengan membiaskan mencuci tangan sebelum makan dan setelah buang air. Tindakan seperti ini harus diterapkan pada anak sejak dini sehingga akan menjadi sebuah kebiasaan yang sangat berguna hingga dewasa.

  1. Laporkan Pada Badan Kesehatan

Jika Anda menemukan makanan yang tak layak konsumsi atau kadaluarsa dan zat mengandung zat berbahaya sebaiknya melaporkan pada BPOM. Tindakan tersebut bertujuan untuk mencegah dampak buruk pada anak dikemudian hari jika lepas kendali dari pengawasan Anda dalam membeli makanan.

Related Posts

Share This