5 Tips dan Cara Merawat Kulit Bayi Agar Tetap Sehat

Bayi yang baru lahir memiliki kulit yang masih tipis dan cenderung sangat sensitif. Dalam hal ini penting sekali bagi Anda yang saat ini memiliki bayi untuk memperhatikan kebersihan dan kesehatan kulit bayi. Kebersihan kulit menjadi salah satu fokus penting untuk mencegah terjadinya infeksi dan iritasi akibat kuman atau bakteri. Cara merawat kulit bayi pada dasarnya bukanlah hal yang sulit. Dalam hal ini yang paling penting Anda perhatikan adalah kebersihan dan menjaga kelembaban.

Mengingat kulit bayi masih sensitif maka sebisa mungkin Anda harus menghindari kondisi kulit yang basah atau berkeringat. Hal ini karena akan menimbulkan iritasi dan bahkan infeksi. Bagian yang paling rentan terjadinya iritasi yaitu pada area yang tertutup oleh popok. Nah, berikut ini ada beberapa langkah untuk menjaga kesehatan kulit bayi!

  1. Perhatikan kebersihan daerah popok

Bagian kulit yang tertutup popok sangat rentan terkena iritasi dan infeksi. Hal ini karena pada area tersebut sangat rentan lembab. Apabila popok sudah kotor atau basah akibat bayi ngompol dan buang air besar maka sebaiknya segera dibersihkan. Kemudian keringkan kulit bayi dan ganti dengan popok bersih. Dalam membersihkan kulit pada bagian yang tertutup popok, gunakan kapas atau handuk kecil yang dibasahi oleh air bersih.

Hindari membersihka kulit bayi menggunakan cairan yang mengandung alkohol karena bisa memicu terjadinya iritasi. Setelah dibersihkan, pastikan kulit bayi benar-benar kering. Anda juga bisa menaburkan bedak pada area kulit yang tertutup popok untuk meminimalisir terjadinya lembab.

  1. Selektif dalam memilih produk perawatan

Perhatikan pula produk perawatan yang akan digunakan untuk bayi. Pilihlah produk yang aman untuk bayi dan terbebas dari bahan kimia berbahaya yang bisa menyebabkan iritasi pada kulit. Pastikan sabun dan semua produk perawatan tidak mengandung zat pewarna atau bahkan pewangi yang bisa menyebabkan kulit si kecil alergi. Dalam hal ini Anda dituntut untuk lebih cermat sehingga tidak akan tertipu dengan produk palsu yang bisa mengancam bayi Anda.

  1. Menjaga kelembapan kulit bayi

Suhu ruangan tempat si kecil tidur dan beraktivitas harus disesuaikan. Hal ini sebagai upaya untuk menjaga kelembapan kulit bayi sehingga terhindar dari kepanasan yang bisa menyebabkan keringat pemicu biang keringat atau iritasi. Anda juga harus menjaga supaya kulit bayi tidak terlalu kering.

  1. Hindari gesekan langsung

Gunakan pakaian bayi dengan bahan dasar lembut untuk menghindari terjadinya gesekan secara langsung. Sebab gesekan bisa terjadi kapan saja yang menyebabkan kulit bayi infeksi dan iritasi. Usahakan supaya baju si kecil tidak terlalu ketat.

  1. Hindari sinar matahari langsung

Kulit bayi memproduksi pigmen dalam jumlah yang masih sedikit sehingga masih rentan terhadap paparan sinar matahari langsung. Sebaiknya Anda tidak membawa si kecil berjalan-jalan di luar rumah melebihi jam 8 pagi. Jikalau keluar, sebaiknya gunakan pelindung untuk menutupi paparan sinar matahari langsung.

Related Posts

Share This