5 Tips Aman Untuk Mengajarkan Balita Berenang

Anak-anak pada usia balita biasanya menyukai permainan air. Anda akan menjumpai kebiasaan anak yang lebih suka berlama-lama ketika mandi sehingga anak susah untuk beranjak dari bak mandi. Nah, kebiasaan anak tersebut bisa Anda salurkan dengan hal yang lebih bermanfaat. Salah satunya yaitu dengan mengajarkan anak untuk berenang. Olahraga ini akan memberikan manfaat bagi perkembangan anak. Selain itu, berenang juga sangat bagus untuk kesehatan anak.

Sebagian orangtua mungkin bertanya-tanya bagaimana cara mengajarkan anak balita untuk berenang. Pertanyaan lain yang mucul adalah kapan waktu yang tepat untuk mengajrkan hal tersebut. Pada dasarnya bayi sudah mempunyai kemampuan untuk berenang. Hal ini karena bayi sudah terbiasa berada di dalam air sejak masih di dalam kandungan.

Tips Mengajarkan Balita Berenang

Sebelum mengajarkan balita untuk berenang, Anda harus memperhatikan aspek keamanan dan keselamatan balita ketika berada di dalam air. Anda juga harus membiasakan mereka dengan aktivitas air. Selain itu, pilihlah tempat yang mengutamakan kenyamanan untuk anak. Untuk lebih jelasnya simak tips aman mengajarkan berenang pada balita berikut ini.

Inilah Tips Aman Mengajarkan Balita Untuk Berenang

  • Memilih kolam renang

Langkah pertama untuk mengajarkan berenang pada anakĀ  yaitu memilih kolam renang. Anda harus memperhatikan aspek keamanan dan kenyamanan dari kolam renang yang akan digunakan. Sebaiknya Anda memilih kolam renang khusus dengan kedalaman yang disesuaikan dengan usia anak. Kolam renang yang nyaman akan membuat anak lebih mudah untuk menyesuaikan diri ketika berada di dalam air.

  • Anak dalam keadaan sehat

Sebelum memulai aktivitas untuk mengajarkan anak berenang, ada hal penting yang harus Anda perhatikan yaitu kondisi kesehatan anak. Apabila anak dalam keadaan tidak fit sebaiknya Anda tidak memaksakan anak untuk berenang. Hal ini akan membahakan dan memperparah kondisi kesehatan anak. Selain itu, anak yang mengalami masalah pencernaan seperti perut kembung, tidak dianjurkan untuk diajak berenang.

  • Batasi waktu berenang dan perhatikan suhu air

Suhu air untuk balita ketika berenang sebaiknya tidak terlalu dingin. Hal ini karena bisa membuat anak Anda terkena flu atau demam. Selain itu, waktu berenang bagi balita pada awal-awal sebaiknya tidak terlalu lama. Lakukan kegiatan tersebut 10 sampai 15 menit saja untuk menghindari masalah kesehatan pada balita akibat terlalu lama berada di dalam air.

  • Orangtua harus selalu memberikan pengawasan

Anda sebagai orangtua harus selalu mengawasi anak ketika berenang. Hal ini untuk menjaga keselamatan balita selama berada di dalam air. Pada awal-awal sebaiknya Anda selalu mendampingi dan membimbingnya.

  • Memberikan rasa aman bagi anak

Supaya anak lebih nyaman ketika berada di dalam kolam renang, Anda harus mendampingi dan selalu berada di sampingnya. Hal ini bertujuan untuk memberikan rasa aman pada anak sehingga mereka lebih leluasa dalam belajarnya.

Nah, itulah tips aman yang bisa Anda lakukan dalam mengajarkan olahraga renang pada anak-anak usia balita.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517