5 Tips Agar Melahirkan Tidak Sakit

Menjalani proses persalinan dengan jalan normal tentunya menjadi dambaan setiap wanita. Bahkan dokter sangat menyarankan supaya setiap ibu hamil menjalani proses persalinan secara normal. Perlu Anda ketahui bahwa persalinan normal menjadi salah satu indikasi bahwa kehamilan dan janin dalam keadaan baik-baik saja. Namun sebagian wanita lebih memilih untuk melakukan persalinan secara caesar karena berbagai alasan, salah satunya yaitu karena takut sakit. Lalu bagaimana caranya agar melahirkan tidak sakit?

Kekhawatiran bahwa melahirkan itu sakit adalah hal yang wajar karena proses tersebut merupakan proses lbesar yang membutuhkan tenaga dan mental yang kuat. Bayangan rasa sakit tentunya tidak bisa dihindarkan, terlebih lagi bagi wanita yang belum memiliki pengalaman melahirkan sebelumnya. Pada dasarnya setiap orang akan mengalami pengalaman yang berbeda ketika melahirkan. Hal ini tergantung dari bagaimana menyikapi proses tersebut.

Semakin besar ketakutan maka hal ini akan menyebabkan proses persalinan terasa semakin sakit. Hal ini karena bagaimana pun kondisi psikis/pikiran Anda akan mempengaruhi kelangsungan dalam proses persalinan yang dijalani. Maka dari itu alangkah lebih baiknya jika Anda benar-benar mempersiapkan diri untuk menjalani persalinan dan membuang jauh-jauh sugesti negatif yang akan berdampak buruk terhadap kesehatan psikis Anda.

Berikut Tips  Agar Melahirkan Tidak Sakit

  1. Yakin

Tips agar melahirkan tidak sakit yang pertama yaitu dengan memiliki keyakinan kuat bahwa proses tersebut bukan sesuatu yang menyakitkan. Hilangkan segala bentuk sugesti negatif dan mulailah untuk berpikir lebih jernih lagi. Tanamkan dalam benak Anda bahwa yang menjalani proses ini bukan hanya Anda sendirian, akan tetapi banyak ibu-ibu di luar sana yang menjalani proses tersebut. Kondisi psikologis yang sehat akan berdampak positif terhadap kelancaran pada waktu persalinan.

  1. Jalan-jalan kecil

Sebelum tiba waktunya kontraksi, Anda bisa melakukan kegiatan sederhana namun bermanfaat yaitu dengan berjalan-jalan kecil/santai di sekitar ruangan. Nah, kegiatan ini akan membantu Anda lebih siap dan mempercepat proses persalinan sehingga rasa sakit yang Anda takutkan tidak akan terjadi.

  1. Rileks

Perasaan takut biasanya membuat Anda tegang sehingga proses melahirkan akan mengalami gangguan. Maka dari itu, usahakan supaya Anda dalam keadaan rileks menjelang persalinan dan buang jauh semua pikiran tentang melahirkan itu menyakitkan. Apabila Anda rileks maka otot akan menjadi lebih lentur sehingga memudahkan proses persalinan.

  1. Teknik pernapasan

Disarankan bagi Anda untuk melakukan latihan pernapasan pada waktu kehamilan trimester akhir. Hal ini untuk menunjang proses persalinan sehingga tidak sakit. Teknik pernapasan yang benar akan memudahkan jalannya persalinan dan Anda terhindar dari rasa sakit.

  1. Berdo’a

Tips selanjutnya agar melahirkan tidak sakit yaitu berdo’a kepada Tuhan Yang Maha Esa untuk proses persalinan lancar. Tanamkan dalam hati dan pikiran Anda bahwa proses tersebut akan baik-baik saja. Berdzikir lah kepada-Nya untuk memohon yang terbaik.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517