5 Tanda-tanda Akan Melahirkan Yang Harus Anda Ketahui!

Memasuki usia kehamilan tahap akhir atau trimester ketiga bisa menjadi saat-saat yang paling membahagiakan bagi Anda. Bayi mungil yang ditunggu-tunggu kini akan segera hadir mewarnai indahnya hubungan rumah tangga. Dalam tahapan ini Anda perlu mempersiapkan diri secara fisik dan mental. Disamping itu, penting sekali bagi Anda untuk mengetahui tanda tanda akan melahirkan sehingga proses persalinan akan berjalan lancar.

Bagi wanita yang baru pertama kali menjalani proses kehamilan mungkin belum sepenuhnya mengetahui tanda akan melahirkan sehingga dalam hal ini dianjurkan bagi ibu hamil untuk memperbanyak informasi seputar hal tersebut.Mengapa hal tersebut penting? Hal Ini untuk menunjang kelancaran dan persiapan menjelang persalinan.

Pada minggu-minggu akhir kehamilan, hormon progesterone akan diproduksi oleh tubuh yang bertujuan untuk melunakkan jaringan disekitar leher rahim (serviks) dan pelvis/panggul dalam mempersiapkan proses persalinan.

Berikut Ini Tanda-tanda Akan Segera Melahirkan

  1. Sakit pada panggul dan tulang belakang

Nah, tanda-tanda akan segera melahirkan yang pertama yaitu sakit pada bagian panggul atau tulang belakang. Rasa sakit tersebut diakibatkan oleh pergeseran atau pergerakan janin yang mulai menekan bagian tulang belakang.

  1. Terasa nyeri di selangkangan

Posisi janin yang mulai turun kebawah menuju rangka tulang pelvis akan membuat Anda merasakan sakit di bagian selangkangan. Janin akan menekan kandung kemih sehingga ibu hamil cenderung akan sering buang air kecil. Selain itu, keluhan yang dirasakan yaitu mulas, sering buang angin, buang air besar dan sakit pada perut.

  1. Keluarnya lendir bercampur darah

Saat mendekati proses persalinan, serviks mulai membuka dan gumpalan lendir akan terhalau. Nah, penampakan dari lendir dan darah akan keluar seperti cairan lengket yang berwarna merah muda. Hal ini menjadi tanda bahwa akan segera terjadi proses persalinan.

  1. Kontraksi

Kontraksi merupakan tanda yang paling jelas menjelang persalinan. Kontraksi tersebut diawali dengan sakit pada punggung bagian bawah dan secara perlahan bergeser ke bagian perut. Kondisi ini hampir menyerupai rasa sakit pada saat menstruasi. Ketika rasa sakit tersebut mulai bergerak menuju ke bagian perut maka akan terasa lebih mengeras.

Untuk tahap awal dilatasi yaitu dari 1 – 4 cm dan berlangsung paling lama. Dalam kontraksi tersebut terjadi secara perlahan sehingga muncul setiap 15 – 20 menit. Kemudian akan semakin menguat dan sering hingga menjadi selama 3 atau 5 menit. Ketika dilatasi mencapai 4 – 5 cm maka kontraksi akan semakin cepat hingga muncul bergelombang.

  1. Pecahnya air ketuban

Dalam tahapan selanjutnya, membran masih utuh hingga akhir tahap pertama proses persalinan. Nah, desakan kontraksi serta tekanan kepala bayi pada bagian mulut serviks akan mengakibatkan pecahnya selaput ketuban.

Ketika air ketuban mulai pecah maka Anda akan merasakan semburan air atau hanya berupa rembesan. Namun terkadang pecahnya air ketuban tidak akan begitu terasa karena membrane tersebut tidak memiliki syaraf.

Itulah tanda-tanda akan melahirkan yang perlu Anda ketahui. Semoga informasi ini bermanfaat dan menambah wawasan Anda dalam hal mempersiapkan diri menjelang persalinan.

Related Posts

Share This