5 Ramuan Alami yang Bisa Anda Gunakan Sebagai Obat Kulit Gatal

Obat kulit gatal. Ketika Anda mengalami gatal-gatal di beberapa bagian kulit, pastinya Anda akan sangat rishi dengan kondisi seperti itu. Dan kondisi tersebut bisa di sebabkan oleh beberapa hal, seperti alergi, digigit serangga, atau bahkan dikarenakan jerawat yang membandel. Dan setiap orang pastinya ingin memiliki kondisi kulit yang lembut serta tidak adanya bercak hitam karena rasa gatal tersebut, bukan?

Namun Anda tidak perlu merasa khawatir, karena ada bahan alami yang memang bisa Anda manfaatkan guna mengatasi atau bahkan menghilangkan rasa gatal di bagian kulit yang memang sangat mudah untuk Anda dapatkan, diantaranya yaitu sebagia berikut:

1. Cuka apel

Ketika Anda mengalami gatal di beberapa bagian kulit, maka Anda bisa memanfaatkan cuka apel untuk mengatasinya. Caranya mudah, Anda hanya perlu mengoleskan cuka apel pada beberapa bagian kulit yang dirasa gatal, setelah itu biarkan sampai mongering dan ulangilah hingga beberapa kali.

Cuka apel ini memiliki sifat sebagai anti-jamur, antibakteri serta antiseptic yang sangat kuat, sehingga sangat ampuh dalam meredakan gatal. Bukan hanya itu, Anda juga bisa mandi atau berendam dengan menggunakan air hangat yang telah Anda campurkan dengan cuka apel, terutama jika Anda mengalami gatal-gatal di seluruh bagian tubuh.

2. Lidah buaya

Bukan hanya cuka apel, ternyata lidah buaya juga memiliki sifat sebagai antibakteri serta memberikan sensasi dingin pada bagian kulit. Dan sifatnya yang dingin inilah yang jelas sangat baik dalam meredakan atau mengatasi gatal-gatal di bagian kulit. Caranya juga mudah, Anda hanya cukup menghancurkan bagian daging lidah buaya, kemudian oleskan langsung secara merata kebagian kulit yang gatal.

3. Daun kemangi atau basil

Anda hanya perlu mengambil beberapa lembar daun kemangi yang masih segar, kemudian hancurkan lah. Setelah Anda menghancurkan daun kemangi ini, Anda cukup membalurkan atau mengoleskan secara langsung daun kemangi tersebut pada bagian kulit yang di rasa gatal. Selain itu, Anda juga bisa membekukannya dan jadikan sebagai kompres kulit.

4. Kulit buah

Ketika Anda merasakan gatal di beberapa bagian kulit, Anda juga bisa mengatasinya dengan beberapa jenis kulit buah, diantaranya yaitu kulit buah pisang juga semangka. Karena kedua kandungan yang berada pada kulit buah tersebut mampu meredakan gatal yang terjadi di kulit, Caranya yaitu, Anda hanya perlu menggosokkannya pada sekitar kulit yang dirasa gatal.

5. Oatmeal

Jangan salah, ternyata oatmeal juga sangat ampuh untuk mengatasi rasa gatal di bagian kulit Anda. Karena oatmeal ini memiliki sifat sebagai pelembab kulit serta mampu memberikan sensasi dingin pada kulit. Untuk penggunaannya, Anda hanya perlu mencampurkannya dengan air atau minyak kelapa untuk hasil yang jauh lebih baik, kemudian oleskan pada bagian kulit yang di rasa gatal.

Nah, jika Anda memiliki masalah dengan kulit Anda, maka Anda bisa mencoba kelima bahan-bahan alami ini untuk mengatasinya. Namun jika Anda mengalami gatal-gatal yang disebabkan oleh penyakit tertentu, maka segeralah hubungi dokter guna mendapatkan penanganan yang jauh lebih baik.

Related Posts

Share This