5 Poin Penting yang Wajib Anda Ketahui Tentang Penyebab Migrain

Penyebab migraine. Apakah Anda pernah mengalami sakit kepala sebelah? Atau bahkan secara mendadak kepala Anda terasa nyut-nyutan? Penting untuk Anda ketahui, sakit kepala sebelah atau migraine bisa muncul secara tiba-tiba, bahkan rasa sakit yang muncul bisa bertahan selama 48 jam. Dan hal tersebut bisa menyebabkan Anda menjadi lebih peka terhadap cahaya, rasa mual, muntah juga sangat sensitive terhadap suara yang Anda dengar.

Migrain sendiri sebenarnya adalam salah satu bentuk kombinasi yang terjadi pada pembentakan pembuluh darah juga yang disertai dengan adanya pelepasan terhadap sejumlah zat kimia yang berada di sekitar pembuluh darah juga syaraf. Dan selama rasa skait itu muncul, maka bagian arteri akan terus membesar bahkan letaknya akan jauh lebih dekat dengan kulit, sehingga mampu melepaskan sejumlah zat kimia yang memang bisa menyebabkan terjadinya peradangan pembuluh darah, serta munculnya rasa sakit di bagian kepala.

Nah, jika seperti itu, sebenarnya apa yang menyebabkan terjaidnya sakit kepala sebelah atau migraine? Migrain sendiri bisa di sebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya yaitu seperti:

1. Tidur Terlalu Lama

Dikarenakan Anda sudah terbiasa tidur selama 2-3 jam setiap malamnya karena harus menyelesaikan pekerjaan Anda, maka biasanya di akhir pekan Anda akan tidur dengan waktu yang cukup lama. Mungkin Anda beranggapan kalau hal tersebut mampu membantu Anda mengembalikan kebugaran tubuh, namun ternyata kondisi ini malah akan membuat Anda merasakan sakit kepala sebelah yang disebut juga dengan migraine.

2. Stres

Apakah Anda tahu, kalau ternyata penyebab migraian yang utama yaitu stress. Pekerjaan yang menumpuk dan juga berat umumnya akan mempengaruhi kebiasaan makan Anda juga waktu istirahat. Alhasil, Anda akan kekurangan asupan nutrisi juga kurangnya waktu beristirahat. Bahkan biasanya, ketika Anda bekerja dan merasa lapar, Anda akan mengabaikannya, padahal kondisi tersebut tidaklah baik untuk Anda lakukan, dan bisa menyebabkan terjadinya migraine.

3. Perubahan Cuaca

Terjaidnya perubahan cuaca yang cukup ekstrim juga bisa menyebabkan Anda mengalami yang namanya migrain.

4. Rasa Lapar

Bukan hanya terjadinya masalah dalam sistem pencernaan, terlambat makan serta tetap membiarkan perut dalam keadaan kosong dalam waktu yang cukup lama juga bisa memicu terjadinya migraine. Ingat, sebaiknya Anda tidak memelihara kebiasaan buruk ini, jika Anda mencintai tubuh Anda.

5. Konsumsi Kafein

Ada sebuah study yang menunjukkan, bahwa mengkonsumsi kafein juga bisa menyebabkan terjadinya migrain yang terus meningkat. Maka dari itu, sebaiknya Anda tidak terlalu banyak mengkonsumsi kafein, baik dalam kandungan kopi atau bahkan teh.

Maka dari itu, jika secara mendadak Anda merasakan migrain, maka bisa jadi penyebabnya ada pada beberapa poin di atas. Dan satu hal yang harus Anda ingat, Anda harus tetap bisa menjaga juga memperhatikan pola hidup sehat serta kebiasaan mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan gizi yang baik. Dan jika migrain kerap kali menyerang Anda dan tidak kunjung sembuh, maka segeralah hubungi dokter guna pemeriksaan lebih lanjut.

Related Posts

Share This