5 Penyebab Utama Sakit Punggung Saat Hamil

Masa kehamilan merupakan masa dimana seorang wanita akan merasakan kebahagiaan yang tidak bisa di ungkapkan oleh kata-kata. Akan tetapi, selama masa kehamilan ini ibu hamil selalu merasakan sejumlah keluhan, dan salah satu keluhan yang sering di rasakan oleh ibu hamil yaitu keluhan sakit punggung saat hamil. Nah, apakah bunda tahu penyebab dari sakit punggung sakit itu apa?

Perlu bunda dan ibu hamil tahu, kalau punggung sakit saat hamil merupakan salah satu pertanda yang bagus bagi ibu hamil, kenapa? Karena itu pertanda kalau janin yang ada di dalam kandungan bunda mengalami masa pertumbuhan yang baik. Dan semakin janin bertambah besar, maka beban pada punggung bunda juga akan semakin besar. Nah, pada umumnya, para ibu hamil akan merasakan atau akan mengeluhkan sakit punggung ketika memasuki trimester kedua kehamilannya.

pinggang sakit saat hamil

Bukan hanya sakit punggung, namun ibu hamil juga kerap merasakan pinggang sakit saat hamil. Sakit punggung saat hamil akan terjadi ketika panggul bertemu langsung dengan tulang belakang, yang di sebut dengan sendi sacroiliac.

Perlu bunda ketahui, bahwa banyak kemungkinan mengapa sakit punggung saat hamil ini bisa terjadi, dan berikut ini ada beberapa penyebab utama mengapa sakit punggung bisa umum terjadi pada ibu yang tengah hamil, yaitu sebagai berikut:

  1. Bertambahnya Berat Badan

Berat badan wanita yang tengah hamil pada umumnya akan bertambah antara 11 sampai 15 kg. Dan akibat berat badan yang bertambah inilah, maka beban tulang belakang wanita hamil juga akan semakin bertambah, sehingga hal ini akan menyebabkan nyeri punggung terutama bagian bawah. Bukan hanya itu, berat janin serta rahim yang semakin hari semakin bertambah juga mampu membuat tekanan pada pembuluh darah juga saraf di bagian panggul juga punggung.

  1. Perubahan Postur

Bukan hanya itu, kehamilan yang terjadi pada wanita juga bisa membuat pusat gravitasi pada ibu hamil menjadi berubah kea rah depan, hal ini terjadi seiring dengan keadaan perut yang semakin membesar. Dan hal ini menyebabkan postur tubuh bunda menjadi berubah dari biasanya. Dan itulah yang mengakibatkan sakit atau terjadinya ketegangan pada bagian punggung ibu hamil.

  1. Perubahan hormone

Tubuh ibu hamil akan memproduksi hormone relaksin yang mana membuat ligament yang ada di sekitar panggul dan sendi akan menjadi lebih longgar, hal ini akan terjadi selama masa kehamilan. Dan hal ini juga merupakan salah satu persiapan untuk proses persalinan. Bukan hanya ini, hormone ini juga yang akan menyebabkan ligament mendukung seluruh bagian tulang belakang menjadi lebih longgar, sehingga menyebabkan terjadinya ketidaksetabilan dan munculnya rasa nyeri atau sakit pafa bagian punggung.

  1. Pemisahan pada Otot

Pemisahan terhadap otot ini akan terjadi dikarenakan rahim yang semakin hari semakin membesar, dimana terjadinya dua otot yang terus berjalan dari tulang rusuk ke bagian tulang kemaluan, dan kedua otot tersebut dapat memisah. Dan proses pemisahan ini yang mampu memperburuk rasa nyeri atau sakit pada bagian punggung.

  1. Stres

Kondisi emosional juga mampu membuat otot punggung menjadi tegang. Dan inilah yang kemudian akan di rasakan oleh ibuh hamil. Bisa saja ketika ibu hamil merasakan stress, ia akan merasakan peningkatan rasa sakit yang semakin nyeri di bagian punggung.

Itulah beberapa penyebab terjadinya sakit punggung saat hamil. Dan ternyata sakit punggung yang ibu rasakan ketika hamil merupakan salah satu pertanda yang baik, kalau janin yang ada di dalam kandungan bunda terus berkembang.

Related Posts

Share This