5 Penyebab Mata Merah Pada Bayi

Pada dasarnya sistem kekebalan tubuh bayi belum sepenuhnya bisa berfungsi dengan baik untuk melawan infeksi virus dan bakteri. Kondisi tersebut menyebabkan bayi sangat rentan terkena berbagai penyakit ringan hingga yang serius. Oleh karena itu, penting sekali untuk memberikan perhatian lebih terhadap kondisi kesehatan bayi dengan menerapkan cara perawatan yang benar. Salah satu gangguan kesehatan yang mungkin menyerang yaitu mata merah pada bayi.

Belekan dan mata merah merupakan salah satu indikasi bahwa bayi mengalami gangguan kesehatan. Faktor penyebabnya sangat beragam seperti debu, penyumbatan saluran air mata, infeksi jalan lahir maupun radiasi. Adapun faktor penyebab mata merah pada bayi yang lainnya yaitu sebagai berikut:

Akibat Virus dan Bakteri

Mengingat bayi belum memiliki sistem kekebalan tubuh yang kuat maka diperlukan kehati-hatian ketika Anda berinteraksi dengan bayi. Pastikan tangan Anda dalam keadaan bersih ketika hendak menyentuh bayi. Terlebih lagi jika Anda menyentuh bagian tubuh bayi yang rentan terkena infeksi. Kuman atau bakteri yang terdapat pada tangan bisa menyebabkan mata bayi terkena infeksi sehingga memerah.

Infeksi Jalan Lahir

Persalinan normal sekalipun belum menjamin bahwa bayi dalam keadaan sehat. Ketika di dalam kandungan, bayi akan dilindungi oleh air ketuban dari bahaya infeksi virus dan bakteri. Namun ketika proses persalinan kemungkinan bisa saja bayi terkena infeksi jalan lahir. Hal inilah yang menjadi salah satu pemicu bayi terkena infeksi sehingga mengalami masalah pada mata.

Akibat Debu

Tak hanya bagi orang dewasa, paparan debu juga bisa menyebabkan mata bayi memerah. Mata bayi rentan terkena debu ketika Anda mengajaknya pergi jalan-jalan ke luar rumah. Oleh karena itu, lindungi bayi dari debu ketika lhendak mengajaknya ke luar rumah dan perhatikan juga kebersihan setiap ruangan di dalam rumah Anda.

Radiasi

Ketika Anda berdekatan dengan bayi sambil menggunakan barang elektronik seperti handphone maka sangat rentan menyebabkan iritasi mata bayi sehingga memerah. Radiasi sinar ultraviolet dari barang elektronik sangat rentan menyebabkan infeksi pada mata bayi.

Sumbatan Pada Saluran Air Mata Bayi

Penyumbatan air mata menjadi salah satu penyebab mata bayi memerah dan belekan. Gejala sumbatan ini ditandai dengan adanya air mata yang menggenang pada saat bayi sedang tidak menangis. Bahkan pada pagi hari mata bayi menjadi lengket dan sulit untuk dibuka.

Sakit mata pada bayi dikategorikan lebih berbahaya daripada yang dialami oleh dewasa. Bayi sangat rentan mengalami infeksi jika gangguan kesehatan tersebut tidak segera ditangani dengan cara yang benar. Bahkan pada kondisi yang lebih lanjut rentan menyebabkan sakit mata serius pada bayi. Bahaya jangka panjang yaitu menyebabkan kebutaan dini. Oleh karena itu penting sekali bagi Anda untuk menjaga kebersihan sehingga bayi senantiasa dalam keadaan sehat. Semoga bermanfaat.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517