5 Penyebab Keringat Berlebihan Pada Bayi

Halo bunda, pada kesempatan ini, kami akan membahas mengenai keringat berlebihan yang terjadi pada si kecil. Diantaranya, bunda pasti pernah mengalami situasi ketika si kecil mengeluarkan keringat berlebihan. Dan sebagai seoarng ibu, pastinya bunda akan khawatir dengan kondisi kesehatan si kecil, bukan? Betapa tidak, sakit atau tidaknya. Si kecil tidak akan bisa berkomunikasi seperti orang dewasa, si kecil hanya bisa menangis yang mengisaratkan kepada bunda kalau ia ada dalam keadaan tidak baik.

Lantas, pertanyaan yang kerap muncul yaitu, “bagaimana jika si kecil mengeluarkan keringat berlebih?” Menyangkut pertanyaan ini, Dr. Debby Latuperissa, SpA., dari RS Fatmawati, Jakarta menjelaskan terkait penyebab terjadinya keringat berlebihan pada si kecil.

Keringat Berlebihan Pada Bayi

Dan berikut ini beberapa penyebab keringat berlebih yang kerap di alami oleh si kecil, yaitu sebagai berikut:

  1. Bagian dari metabolism tubuh

Banyak diantaranya orangtua terutama bunda yang menjadi cemas ketika si kecil mengeluarkan keringat dalam jumlah yang begitu banyak, terutama ketika si kecil tengah tertidur. Dan itulah bayi. Ia akan mengeluarkan banyak keringat, terutama di bagian kepala, tangan serta kaki. Penyebabnya yaitu karena di daerah tersebut merupakan daerah yang memang terdapat banyak kelenjar keringat.

  1. Akibat demam tinggi

Demam atau panas yang tinggi karena adanya proses infeksi juga bisa menyebabkan si kecil berkeringat dalam jumlah yang banyak. Logikanya, ketika demam maka akan terjadi peningkatan suhu tubuh yang memang berujung terhadap keluarnya peluh yang terus bercucuran. Oleh karena itu, ketika si kecil demam, maka di anjurkan kepada bunda untuk memberikan istirahat yang cukup untuk si kecil dan tetap berikan asupan cairan yang cukup guna mencegah terjadinya dehidrasi yang di akibatkan oleh penguapan yang terjadi secara berlebihan yang dikeluarkan dari dalam akibat suhu tubuh yang cukup tinggi.

  1. Penyakit yang memicu keringat berlebihan

Yang kerap menjadi pertanyaan yaitu, seberapa banyak si keringat yang keluar yang masih bisa di toleransi? Seberapa banyak keringat yang keluar sebenarnya normal-normal saja, selama si kecil tidak terganggu dengan keringat yang keluar dari dalam tubuhnya. Hal ini bisa di bilang wajar jika si kecil tidak rewel, selera makannya yang baik, porsi tidur yang cukup, serta pertumbuhannya tidaklah terganggu.

  1. Keringat bayi belum berbau

Pada umumnya keringat yang di keluarkan si kecil belum berbau, jika mengingat asupan makannya yang memang belum lengkap. Begitu juga dengan sejumlah bumbu yang memiliki aroma tajam, yang memang bisa membentuk sekresi yang berbau. Namun jika si kecil jarang di mandikan, mungkin saja keringat yang di keluarkannya memiliki aroma bau. Terutama keringat yang keluar di sejumlah lipatan tubuh yang memang jarang tersentuh.

Oleh karena itu, sangat di sarankan kepada bunda untuk rajin memandikan si kecil, setidaknya 2 kali sehari atau bahkan 3 kali sehari.

  1. Bisa muncul keringat buntet

Kulit si kecil yang masih halus, lembut juga segar bisa saja terganggu oleh munculnya bintik-bintik kecil yang berwarna merah yang memang disertai dengan rasa gatal yang mengganggu kenyamanan si kecil. Tidak heran jika si kecil yang mengalami hal ini akan menjadi rewel dan tidak nyaman. Dan bintik-bintik merah ini disebut dengan keringat buntet atau biang keringat.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517