5 Penyebab Jantung Bengkak yang Harus Anda Waspadai

Apa penyebab dari terjadinya jantung bengkak? Pertanyaan ini merupakan salah satu pertanyaan yang banyak di tanyakan oleh orang-orang, terutama bagi mereka yang memang sat ini tengah belajar di dunia kedokteran atau bahkan bagi mereka yang memang berkaitan langsung dengan jenis penyakit ini.

Nah, sebenarnya banyak sekali alasan atau penyebab mengapa jantung bengkak. Dan di bawah ini ada beberapa penyebab jantung bengkak yang memang harus benar-benar Anda perhatikan, yaitu sebagai berikut:

1. Jarang olahraga

Penyebab jantung bengkak yang pertama yaitu Anda yang sangat jarang untuk berolahraga. Keadaan tubuh yang memang sangat jarang berolahraga ternyata sangat jarang juga mengeluarkan keringat. Dan resikonya yaitu, Anda akan mengalami kelebihan berat badan atau obesitas. Dan nyatanya hal ini sangat berbahaya untuk kesehatan, karena bisa membuat keadaan jantung menjadi lebih keras, bahkan bisa menyebabkan terjadinya pembengkakan pada bagian jantung Anda.

2. Kelainan jantung sejak lahir

Tidak semua orang akan terlahir dengan keadaan jantung yang normal, bahkan ada beberapa diantaranya yang memang terlahir dengan keadaan jantung yang tidak normal atau di sbeut dengan kelainan jantung atau bahkan di sebut juga dengan penyakit jantung bawaan. Sebagai contoh yaitu bocor jantung atau bahkan munculnya lubang pada bagian jantung. Dan hal ini mengharuskan jantung untuk bekerja dengan keras dikarenakan tidak sempurnanya bagian organ jantung.

3. Otot jantung lemah

Bagian otot jantung yang melemah umumnya di sebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya seperti adanya serangan jantung. Bagian otot jantung yang melemah akan membuat jantung bekerja jauh lebih berat lagi, terutama untuk memompa darah ke seluruh bagian tubuh. Dan semakin lama hal ini terjadi, maka semakin tinggi pula resiko terjadinya pembengkakan jantung.

4. Tekanan darah tinggi

Terjaidnya tekanan darah tinggi juga bisa membuat keadaan jantung bekerja lebih keras dari biasanya. Dan hal ini jelas sangat berpengaruh terhadap peluang terjadinya jantung yang membengkak. Dan sayangnya, orang-orang yang mengalami tekanan darah tinggi sangat jarang yang menyadarai jika mereka terserang jenis penyakit ini. Mengapa demikian? Karena pasalnya, penyakit ini nyaris tidak memiliki gejala yang berarti. Maka dari itu, Anda dianjurkan untuk memeriksakan tekanan darah Anda guna mengetahui tingkat tekanan darah Anda.

5. Kerusakan katup jantung

Adanya kerusakan pada katup jantung juga memiliki potensi yang besar seseorang mengalami jantung yang membengkak. Karena rusaknya katup jantung ini disebabkan oleh demam rematik atau bahkan sebab lainnya. Hal ini dikarenakan adanya organ yang memang tidak lagi bekerja sempurna, dan itu membuat keadaan jantung menjadi harus bekerja ekstra lebih keras guna memompa darah. Dan kerja jantung yang berlebihan inilah yang setelah itu menyebabkan terjadinya pembengkakan jantung.

Related Posts

Share This