5 Penyebab Bayi Rewel Dan Cara mengatasinya

Bagi Anda yang memang baru menjadi seorang ibu, pastinya Anda akan sering di bangunkan di malam hari dengan secara tiba-tiba oleh tangisan bayi atau bayi rewel. Pastinya Anda akan menebak-nebak, apa yang terjadi ketika bayi rewel, apakah dia sakit, atau bahkan apakah dia kedinginan.

Nah, agar Anda tidak hanya menerka-nerka, maka pada kesempatan ini kami akan membagi informasi terkait penyebab bayi rewel dan cara mengatasinya, yaitu sebagai berikut:

  1. Demam

Penyebab utama bayi rewel yaitu ketika si kecil mengalami demam, yaitu dimana proses pertahanan tubuhnya tengah melawan infeksi serta menghentikan proses penyebaran virus yang ada. Si kecil akan dikatakan demam jika suhu tubuhnya melebihi angka 38℃.

Cara perawatan:

Salah satu cara mengatasi bayi rewel karena demam yaitu dengan cara Anda tetap memandikan si kecil dengan menggunakan air hangat untuk menurunkan demamnya. Pergunakanlah pakaian yang nyaman, dan pastikan kalau si kecil tidak akan mengalami dehidrasi.

  1. Tidak nyaman atau sakit

Umumnya tangisan bayi yang memang tengah merasa tidak nyaman atau bahkan tengah merasa sakit berbeda dengan tangisan biasanya. Ketika itu, nada tangisannya akan jauh lebih tinggi, ditambah dengan erangan serta berlangsung sangat lama.

Cara perawatan:

Anda harus memastikan apa yang membuat si kecil merasa tidak nyaman, apakah dia lapar, haus, atau bahkan apakah dia merasa dingin atau terlalu panas. Ada beberapa diantaranya bayi yang memang sangat sensitif terhadap beberapa perlengkapan bayi atau bahkan bahan pakaian yang di gunakannya, maka dari itu Anda harus memastikan apakah si kecil merasa tidak nyaman karena hal tersebut atau bukan.

Jika ia sakit, maka Anda sebagai ibu bisa memberikan pelukan hangat Anda untuk meredam rasa sakit yang dialami si kecil, karena pastinya pelukan yang Anda berikan bisa mengurangi rasa sakit yang ia rasakan.

  1. Terlalu dingin/ terlalu panas

Bayi memang sangat sensitif terhadap beberapa hal kecil, misalkan adalah keadaan suhu ruangan yang terlalu dingin atau bahkan terlalu panas, dan itu akan membuat si kecil menjadi sangat rewel.

Cara perawatan:

Anda bisa menyesuaikan lapisan pakaiannya dengan kondisi saat itu, jika terlalu dingin, maka Anda bisa menerapkan jaket atau pakaian hangat lainnya, namun jika suhu udara panas, maka Anda bisa mengurangi lapisan pakaiannya.

  1. Pertumbuhan gigi

Pada masa pertumbuhan gigi yang dialami si kecil, umumnya bayi akan mengalami gejala yang berbeda-beda. Diantaranya ada yang suka menggigit barang, bahkan ada pula yang memang sampai mengalami diare.

Cara perawatan:

Anda bisa menyediakan mainan atau bahkan gigitan bayi yang aman untuk ia gigit. Atau bahkan, Anda juga bisa menggunakan jari Anda. Namun jangan lupa untuk Anda memastikan kebersihannya.

  1. Sembelit

Sembelit merupakan salah satu hal yang memang sering di alami oleh bayi. Semeblit yang dialami oleh bayi bisa Anda ketahui dari fase yang dikeluarkannya, umumnya ketika bayi sembelit bentuk fasenya menyerupai kerikil atau bahkan susah untuk dikeluarkan.

Cara perawatan:

Untuk mengatasinya, Anda bisa mengubah pola makan Anda atau bahkan pola makan si kecil jika si kecil mulai mengenal MPASI. Perbanyaklah asupan makanan yang mengandung serat, seperti buah dan sayur. Jika si kecil mengkonsumsi susu formula, maka Anda bisa menambahkan takaran air pada suhu tersebut, atau bahkan Anda juga bisa melakukan pijatan pada bayi.

Related Posts

Share This