5 Obat Tradisional Penurun Panas Anak

Ketika si kecil mengalami panas tinggi, banyak diantaranya bunda yang langsung merasa cemas dengan keadaan ini. padahal tanpa bunda ketahui, banyak di sekitar bunda yang bisa bunda jadikan sebagai obat penurun panas anak. Keadaan tubuh yang memiliki suhu cukup tinggi bukan hanya akan membuat bunda cemas, namun hal ini juga kerap membuat keadaan si kecil menjadi rewel.

Sebenarnya banyak cara yang bisa bunda lakukan ketika mendapatkan si kecil panas tinggi, bahkan banyak juga diantaranya obat panas anak yang bisa bunda gunakna yang memang tidak memiliki efek samping terhadap anak, dan salah satu cara yang bisa bunda lakukan yaitu dengan cara mengompres si kecil dengan menggunakan air dingin. Hal ini memang terlihat simpel, namun efektif untuk menurunkan suhu tubuh anak yang tinggi.

cara menurunkan panas anak

Setelah panas si kecil turun, maka bunda bisa melanjutkan ke proses pengobatan. Daripada bunda menggunakan obat-obatan yang bunda beli dari apotik, sebaiknya bunda menggunakan obat penurun panas anak yang terbuat dari bahan-bahan yang alami, namun sebelum bunda memberikan obat-obatan alami ini, sebaiknya bunda mencari cara menurunkan panas anak terlebih dahulu.

Untuk obat penurun panas si kecil, bunda bisa memanfaatkan berbagai jenis tanaman untuk menurunkan panas si kecil yang ada di sekitar rumah. Dan berikut ini beberapa obat alami yang bisa bunda gunakanuntuk menurunkan panas tubuh si kecil, yaitun sebagai berikut:

  1. Kunyit

Kunyit ini memiliki kandungan minyak astari, turmeron, curcumin, serta zingiberen. Sejumlah kandungan yang ada di dalam kunyit ini sangat bermanfaat untuk antibakteri, antioksidan dan juga antiinflamasi. Ketika bunda akan menggunakan kunyit untuk menurunkan panas si kecil, sebenarnya cara yang harus bunda lakukan cukup mudah, bunda hanya tinggal mencuci bersih kunyit sebanyak 10 gram, setelah itu parut kunyit dan larutkan dalam 1/2 gelas air panas, aduk sampai merata. Setelah air dingin, maka peras larutan kunyit tersebut dan ambil bagian sarinya saja. Bunda juga bisa menambahkan sari kunyit ini dengan madu. Berikan ramuan ini kepada si kecil secara teratur.

  1. Sambiloto

Sambiloto juga memiliki kandungan andrografolid lactones yaitu zat pahit yang terkandung di dalam sambiloto, glucosides, diterpene, serta flavonoid yang memang berfungsi untuk menurunkan panas pada si kecil. Cara yang harus bunda lakukan cukup sederhana, bunda hanya cukup merebus 10 gram daun sambiloto yang sudah kering, lalu tambahkan 25 gram umbi kunyit yang kering, serta 200 cc air. Setelahitu, rebuslah ramuan yang sudah di campurkan tadi sampai mendidih sampai airnya tersisa menjadi 100 cc, setelah itu saring. Dalam kondisi yang masih hangat, bunda bisa menambahkan 100 cc madu dan aduk sampai rata. Bagilah menjadi tiga bagian dan berikan kepada si kecil 3 kali dalam satu hari.

  1. Temulawak

Temulawak merupakan tanaman sejenis rimpang, yang memiliki kandungan zat yang bermanfaat untuk penurun panas, mencret, maag, diare, bahkan bisa di gunakan untuk meringankan rasa pegal pada tubuh. Cara penggunaannya, bersihkan sebanyak 10 gram temulawak, lalu parut temulawak tersebut. Setelah di parut, tambahkan 1/2 gelas air panas, lalu aduklah sampai rata. Setelah air tersebut dingin, maka bunda tinggal memeras dan cukup mengambil sarinya saja. Bunda juga bisa mencampurkan air temulawak ini dengan 2 sdm madu asli. Setelah itu berikan kepada si kecil secara teratur.

  1. Bawang merah

Bawah merah bukan hanya berguna untuk bumbu masak, namun bawang merah juga bermanfaat untuk menurunkan panas pada anak. Cara penggunaannya, bunda hanya harus mengupas sebanyak 5 butir bawang merah. Setelah itu parut bawang merah secara kasar dan tambahkan dengan minyak kelapa. Cara penggunaannya yaitu bunda harus membalurkan ramuan ini kebagian ubun-ubun si kecil juga seluruh bagian tubuh.

  1. Air kelapa muda

Di dalam air kelapa muda ini memiliki banyak kandungan yang dapat menurunkan panas pada anak, salah satunya yaitu mineral juga kalium. Nah, ketika si kecil panas, maka dianjurkan untuk banyak mengkonsumsi air kelapa untuk menurunkan panasnya.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517