5 Manfaat Terong Bagi Ibu Hamil

Makanan merupakan salah satu faktor penting yang akan berpengaruh terhadap kesehatan. Terlebih lagi pada waktu hamil, setiap makanan yang dikonsumsi oleh ibu hamil akan berdampak terhadap kesehatan dan perkembangan janin di dalam kandungan. Ibu hamil harus senantiasa menjaga asupan makanan yang bergizi selama menjalani masa kehamilan. Ibu hamil dianjurkan untuk mengkonsumsi sayuran seperti terong. Perlu Anda ketahui bahwa manfaat terong untuk ibu hamil sangat banyak, salah satunya yaitu untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Manfaat Terong Untuk Ibu Hamil

  1. Sebagai antioksidan

Salah satu manfaat terong bagi ibu hamil yaitu untuk menangkal radikal bebas. Hal ini karena terong mengandung zat antioksidan cukup tinggi. Dengan mengkonsumsi terong secara teratur maka sangat berguna untuk menjaga kesehatan selama hamil dan mencegah keluhan seputar kehamilan.

  1. Meningkatkan sistem imun ibu hamil

Kandungan vitamin C pada terong hampir menyerupai buah jeruk. Sehingga tidak heran jika sayuran yang satu ini dikategorikan sebagai salah satu jenis makanan sehat untuk ibu hamil. Kandungan vitamin C pada terong berperan penting sebagai antioksidan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh ibu hamil dan janin. Selain itu, vitamin C bermanfaat untuk mengatasi sariawan pada waktu hamil.

  1. Menurunkan tekanan darah tinggi

Manfaat sayur terong untuk ibu hamil yang selanjutnya yaitu menjaga kestabilan tekanan darah. Preeklampsia (keracunan dalam kehamilan) pada dasarnya dipicu oleh tekanan darah tinggi. Nah, untuk mencegah hal tersebut, disarankan bagi ibu hamil untuk mengkonsumsi terong secara teratur. Terong bisa dijadikan sebagai lalapan dalam menu makanan Anda sehari-hari.

  1. Kaya akan kandungan posfor dan magnesium

Ibu hamil membutuhkan asupan vitamin dan mineral dalam jumlah tinggi. Hal ini untuk menunjang pertumbuhan janin. Selain kalsium, ibu hamil juga membutuhkan asupan makanan yang mengandung posfor dan magnesium untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi selama hamil. Disamping itu, dua komponen tersebut berguna untuk pembentukan tulang dan gigi janin.

  1. Mencegah kerusakan otak janin

Terung ungu mengandung asam folat cukup tinggi yang berguna untuk menunjang perkembangan sistem saraf dan mencegah kerusakan otak pada janin. Kekurangan asam folat pada waktu hamil sangat beresiko menyebabkan janin lahir dengan berat badan rendah atau lahir prematur.

Demikian manfaat sayur terong untuk ibu hamil. Terong bisa Anda olah menjadi menu makanan yang lezat seperti tumis terong atau terong panggang saus teriyaki. Selain itu, terong juga bisa Anda konsumsi langsung sebagai lalapan. Namun sebelum dikonsumsi harus dipastikan terlebih dahulu kebersihannya. Cucilah terlebih dahulu dibawah air mengalir supaya residu zat berbahaya yang menempel pada terong bisa larut terbawa oleh air.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517