5 Manfaat Kangkung yang Baik Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat kangkung. Kangkung sendiri merupakan salah satu jenis tanaman yang berasal dari daerah India, dan setelah itu menyebar luar di wilayah Asia, Australia juga Afrika. Umumnya, tanaman kangkung ini dilakukan di tempat-tempat yang basah, seperti rawa atau bahkan permukaan lumpur. Bukan hanya itu, kangkung juga merupakan tanaman yang bisa dengan cepat tumbuh, yaitu sekitar 6 minggu penanaman dan hasilnya sudah bisa di panen.

Tanaman kangkung juga memiliki kandungan beberapa zat yang memang tidak kalah dengan jenis sayuran lainnya. Dan sejumlah zat penting seperti vitamin A vitamin C dan vitamin B kompleks, kalsium, fosfor dan zat besi yang terkandung dalam kangkung sangat baik untuk kesehatan tubuh. Dan Anda bisa menjadikan kangkung ini sebagai menu harian Anda, karena selain kandungannya yang bermanfaat, kangkung ini juga bisa Anda olah menjadi makanan yang enak.

Nah, dari beberapa kandungan zat di atas, akhirnya kangkung memiliki manfaat yang sangat luar biasa untuk menjaga kesehatan tubuh, diantaranya yaitu:

1. Pencegahan Anemia

Ketika Anda kekurangan darah, maka Anda akan merasakan gejala kondisi badan yang lemah, letih juga lesu yang disertai dengan kepala yang terasa pusing. Kangkung memiliki kandungan zta besi yang baik, yang mana bisa merangsang produksi sel darah merah dalam tubuh. Maka dari itu, kangkung sangat baik untuk Anda konsumi guna mengatasi anemia. Anda bisa mengkonsumsi secara langsung setelah di rebus terlebih dahulu, atau bahkan di olah menjadi tumis kangkung dengan rasa yang enak.

2. Pencegahan terhadap diabetes

Dengan Anda mengkonsumsi kangkung, maka bisa menghasilkan sejumlah zat yang mampu menghambat terjadinya penyerapan gula darah pada tubuh. Maka dari itu, Anda tidak perlu merasa khawatir ketika Anda mengkonsumsinya dengan di barengi nasi. Selain manfaat dari kangkung yang mampu mencegah penyerapan gula darah, Anda juga bisa menikmati manfaat yang dimiliki oleh nasi itu sendiri.

3. Meningkatkan kualitas otak

Kangkung memiliki kandungan vitamin B kompleks serta omega 3 yang mana bisa membantu kinerja otak agar bisa bekerja dnegan lebih baik lagi. Maka dari itu, kangkung sangat baik untuk di hidangkan pada anak-anak yang masih ada dalam masa pertumbuhan, karena kandungan kangkung mampu meningkatkan kecerdasan otak si kecil.

4. Sangat Baik Untuk Mata

Mungkin Anda belum mengetahuinya, kalao kangkung memiliki kandungan vitamin A, karotenoid, dan lutein dalam jumlah yang cukup tinggi. Sehingga ketiga kandungan ini mampu membantu kesehatan mata Anda. Bukan hanya itu, kandungan tersebut juga mampu mencegah terjadinya katarak.

5. Mengurangi Kolesterol

Kandungan yang ada pada kangkung juga sangat berperan penting dalam mengurangi kadar koletsreol yang ada di dalam tubuh Anda. Bahkan, sebuah penelitian yang telah di lakukan dengan subjek tikus membuktikan, bahwa kangkung sangat efektif dalam menurunkan kadar koletsreol serta triglycoside dalam darah.

Related Posts

Share This