5 Manfaat Daun Pepaya Untuk Kesehatan

Pepaya merupakan salah satu tanaman yang tumbuh di daerah tropis yaitu salah satunya di negara kita Indonesia. Buah pepaya banyak digemari karena rasanya yang manis dan memiliki manfaat yang luar biasa untuk kesehatan. Tidak hanya buahnya saja, manfaat daun pepaya untuk kesehatan ternyata sangat banyak.

Nah, diantara sekian banyak manfaat daun pepaya untuk kesehatan diantaranya yaitu untuk mengatasi penyakit malaria atau yang biasa disebut dengan demam berdarah. Mengapa bisa demikian? Hal ini karena daun pepaya mengandung enzim papain sama halnya yang terdapat pada bagian buah. Enzim papain tersebut memiliki kemampuan dalam meningkatkan kadar trombosit darah.

Berikut Beberapa Manfaat Daun Pepaya Untuk Kesehatan

  1. Melancarkan sistem pencernaan

Manfaat daun pepaya yang pertama yaitu untuk melancarkan pencernaan. Daun pepaya mengandung karpain yang berguna untuk membunuh mikroorganisme yang berbahaya di dalam perut. Nah, dengan begitu maka saluran pencernaan akan terbebas dari berbagai jenis parasit berbahaya.

  1. Anti kanker

Daun pepaya mengandung sejumlah enzim yang berfungsi dalam menghambat dan melawan sel-sel kanker seperti kanker hati, kanker rahim, kanker paru-paru dan kanker payudara. Dalam hal ini Anda bisa membuat ekstrak daun pepaya kemudian diminum secara rutin sebagai upaya mencegah penyakit berbahaya dan mematikan tersebut.

  1. Mengatasi demam berdarah

Seperti yang diutarakan sebelumnya bahwa daun pepaya memiliki khasiat luar biasa dalam mengatasi penyalit malaria. Disamping itu, dengan rutin mengkonsumsi ekstrak daun pepaya maka Anda akan terbebas dari infeksi virus penyebab malaria yang ditularkan melalui nyamuk aedes aegepty.

  1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Secara alami, daun pepaya memiliki zat yang mampu meregenerasi sel darah putih dan trombosit. Perlu Anda ketahui bahwa daun pepaya mengandung sejumlah nutrisi seperti vitamin A, vitamin E, vitamin C. Jenis vitamin tersebut berfungsi sebagai antioksidan yang berperan penting dalam meningkatkan sistem imun tubuh dan melawan berbagai virus serta bakteri penyebab penyakit.

  1. Mengatasi diabetes

Tidak disangkan ternyata daun pepaya meiliki khasiat yang luar biasa untuk mengatasi dan mencegah penyakit diabetes. Senyawa di dalam daun pepaya memiliki kemampuan untuk mengendalikan kadar gula darah supaya tetap stabil. Bagi Anda penderita diabetes sangat disarankan mengkonsumsi daun pepaya sebagai lalapan dan mulailah mengontrol pola makan sehat setiap harinya dengan memperhatikan kandungan gula dari setiap makanan yang Anda konsumsi.

Nah, itulah 5 manfaat daun pepaya untuk kesehatan. Menurut hasil studi, daun pepaya juga bisa mencegah penyakit katarak jika dikonsumsi secara teratur. Selain itu, kandungan vitamin D pada daun pepaya berguna kuntuk mencegah penyakit emfisema.

Mengolah daun pepaya sangatlah mudah, Anda bisa mengkonsumsinya sebagai lalapan ataupun di ekstrak untuk kemudian diminum airnya. Semoga bermanfaat!

Related Posts

Share This