5 Manfaat Biji Bunga Matahari untuk Kesehatan

Manfaat biji bunga matahari mungkin belum banyak orang yang mengetahuinya. Biasanya biji bunga matahari atau kuwaci menjadi salah satu camilan ketika sedang bersantai atau sambil menonton. Meskipun ukurannya kecil-kecil, ternyata biji bunga matahari memiliki kandungan nutrisi yang sangat melimpah. Salah satunya yaitu vitamin, mineral dan asam lemak esensial.

Bagi Anda yang mendambakan kulit sehat maka salah satu caranya yaitu dengan mengkonsumsi kuwaci. Kandungan vitamin dan mineral pada biji bunga matahari berguna untukmenjaga kesehatan kulit dan mencegah kerusakan sel-sel kulit akibat zat radikal bebas. Lalu manfaat apalagi yang bisa diperoleh dari kuwaci tersebut? Berikut beberapa manfaat yang bisa Anda rasakan dari mengkonsumsi kuwaci.

Menjaga Kesehatan Kulit

Seperti yang telah disebutkan diatas, bahwa kuwaci mengandung vitamin dan mineral. Nah, salah satunya yaitu vitamin E yang berperan penting dalam melindungi kulit ari kerusakan siner ultraviolet, menghaluskan kulit dan mencegaj terjadinya penuaan dini.

Anti Imflamasi

Kandungan vitamin E pada kuwaci juga berguna untuk melawan radikal bebas yang bisa merusakn sel-sel otak dan membrane. Disamping itu, vitamin E juga berguna untuk mencegah penyakit asma dan arthritis.

Melawan Kanker

Kandungan selenium pada biji bunga matahari berguna untuk memperbaiki sel-sel yang rusak. Disamping itu, manfaat lain dari biji kuwaci yaitu mencegah timbulnya penyakit kanker, salah satunya yaitu kanker prostat.

Mencegah Resiko Penyakit Jantung

Vitamin E pada biji bunga matahari memiliki peranan yang sangat penting untuk mencegah penyakit kardiovaskuler. Vitamin E tersebut akan melawan radikal bebas penyebab penyakit stroke dan serangan jantung.

Memperkuat Tulang

Manfaat biji bunga matahari selanjutnya yaitu untuk memperkuat tulang. Hal ini karena biji bunga matahri mengandung kalsium dan magnesium  yang merupakan salah satu mineral penting untuk tulang. Disamping itu, tembaga yang terkandung pada biji bunga matahari berguna untuk fungsi enzim dalam silang kolagen dan elastin.

Seperti yang kita ketahui bahwa kolagen dan elastin akan memberikan kekuatan serta fleksibilitas tulang dan sendi. Maka dari itu, konsumsi camilan ini secara teratur untuk memperoleh manfaat yang luar biasa bagi kesehatan tubuh.

Pada dasarnya nutrisi penting yang paling unggul terdapat dalam biji bunga matahari yaitu vitamin E. Kandungan vitamin E pada biji bunga matahari sangat tinggi jika dibandingkan dnegan makanan lainnya. Daripada mengkonsumsi camilan yang mengandung banyak lemak, lebih baik konsumsi biji bunga matahari sebagai camilan sehat bagi Anda.

Kini untuk menikmati kuwaci tidak perlu repot-repot membuatnya karena banyak tersedia jualan di toko-toko terdekat. Camilan yang satu ini bisa Anda nikmati kala santai dengan keluarga atau dijadikan sebagai camilan teman nonton.

Related Posts

Share This