5 Manfaat Bersepeda yang Menakjubkan Untuk Si Kecil

Manfaat bersepeda. Bermain sepeda atau bahkan bersepeda merupakan salah satu kegiatan yang membuat hati si kecil merasa senang. Bukan hanya itu, ternyata dengan bersepeda juga memberikan manfaat yang sangat luar biasa untuk membantu tumbuh kembang si kecil.

Nah, di bawah ini ada beberapa manfaat bersepeda yang memang baik untuk si kecil, yaitu sebagai berikut:

1. Mengasah kemampuan motorik kasar

Manfaat bersepeda yang pertama yaitu, mampu memberikan kesempatan kepada si kecil untuk mengembangkan keterampilan motoric kasar di bagian kaki juga tangan. Kemampuan otot kaki juga tangan si kecil akan terus terasah, terutama ketika mereka mengayuh sekaligus mengendalikan kemudi sepeda tersebut.

Dengan begitu, si kecil paham yang namanya bergerak maju dan mundur, berbelok ke kiri juga ke kanan yang memang sangat bermanfaat dalam mengasah pemahaman keruangannya.

2. Koordinasi anggota tubuh

Ketika si kecil menjalankan sepedanya, maka si kecil di tuntut untuk melakukan beberapa gerakan atau aktivitas secara bersamaan dalam sebuah rangkaian koordinasi mata, tangan, kaki juga keseimbangan tubuh si kecil.

3. Membuka ruang eksplorasi dan interaksi

Dengan bersepeda, si kecil akan memperoleh kesempatan dalam bereksplorasi ke beberapa wilayah yang jauh lebih luas dari tempat tinggalnya. Dengan begitu, si kecil juga akan mengenal lebih jauh tentang lingkungan yang luas yang berada di sekitar rumah serta beberapa unsur yang lebih detail lainnya. Dan hal ini pastinya akan mengasah kemampuannya dalam beradaptasi dengan lingkungan baru, yang mana bermanfaat sebagai modal bersosialisasi juga berinteraksi dengan lingkungan manapun yang kelak akan ia temui.

4. Belajar berani dan percaya diri

Berawal dari mendorong sepeda, kemudia di dudukannya di atas sadel, dan setelah itu di bantu di dorong oleh orangtua, dan pada tahapan selanjutnya kemungkinan besar si kecil akan mencoba untuk naik juga duduk di atas sadel sendiri, dan setelah itu akan mengayuh walaupun telapak kakinya belum menjejak dengan benar pada pedal, dan ia juga akan mencoba untuk mengendalikan sepedea tersebut agar melaju, berbelok atau bahkan menghindari untuk menabrak sesuatu.

Nah, proses ini pastinya sangat membutuhkan kesabaran, keberanian juga rasa percaya diri. Setelah si kecil merasa berani serta mampu mengayuh sepeda roda tiga atau bahkan roda empat dengan sangat terampil, maka ia akan berani serta percaya diri untuk belajar sepeda dengan hanya menggunakan dua roda di usia selanjutnya.

5. Belajar mengatasi masalah

Ketika si kecil bersepeda, si kecil juga akan di kondisikan untuk mengatasi masalah yang ia temukan sendiri. Misalkan, ketika ia harus berbelok ketika di depannya ada seseorang yang tengah berdiri atau bahkan sesuatu hal yang memang menghalangi laju sepedanya. Dan apa yang harus ia lakukan ketika ia mendapatkan dua hal pilihan, melewati jalanan sempit atau yang lebar. Bahkan keputusannya tersebut bisa mempengaruhi rasa percaya dirinya.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517