5 Manfaat Bersepeda Bagi Kesehatan

Manfaat bersepeda. Pastinya Anda sudah mengenal yang namanya bersepeda, mungkin saja Anda sudah mengenalnya sejak kecil. Sepeda yang Anda kayuh bukan hanya menjadi sebuah alat transportasi yang memang bebas dari polusi, namun di balik itu semua, sepeda merupakan sebuah alat yang memang bisa membuat tubuh Anda menjadi jauh lebih sehat juga bugar.

Penting untuk Anda ketahui, bahwa bersepeda merupakan salah stau cara Anda untuk berolahraga yang memang berlangsung menyenangkan yang memang memiliki manfaat yang luar biasa untuk kesehatan. Jika seperti itu, apa saja manfaat bersepeda untuk kesehatan? Berikut ulasannya:

1. Olahraga ringan

Dengan Anda bersepeda, maka mampu memberikan efek ringan yang memang tidak melelahkan ketika Anda melakukannya secara berkala serta dalam jangka waktu yang lama. Bersepeda tidak sama dengan olahraga kardiovaskular lainnya yang memang mudah membuat kondisi tubuh menjadi lemah, misalkan seperti berlari. Bahkan bersepad sangat nyaman untuk di lakukan bagi mereka yang memang sudah berusia senja, yakni di usia sekitar 70-80 tahun.

2. Meningkatkan energi dan menurunkan rasa lelah

Sebuah study juga menyebutkan bahwa dengan bersepeda mampu meningkatkan energi yang hilang ebanyak 20% dari sebelumnya serta mampu menurunkan tingkat kelelahan yang dirasakan sebanyak 65%. Yang lebih menakjubkan lagi, dengan bersepeda kita mampu merangsang proses pelepasan dopamine yang berada di bagian otak hingga ingatan kita menjadi lebih tajam juga fresh.

3. Menjaga jantung

Dalam sebuah penelitian kecil juga telah terbukti, bahwa jika seorang wanita terus bersepeda dengan intensif yang sedang hingga kepada tingkatan yang tinggi sebanyak 3 kali dalam satu minggu, dengan waktu tempuh kurang lebih sebanyak 30 menit dalam satu kali bersepeda, maka setelah satu tahun keadaan tersebut mampu menurunkan tekanan darah serta mampu menurunkan kadar LDL atau dalam kata lain kolesterol jahat yang berada di dalma tubuh. Bukan hanya itu, dengan bersepeda kita juga mampu menurunkan resiko penyakit jantung kroner.

4. Membakar kalori

Ketika Anda tengah bersepeda santai, yakni sekitar 10 meter per jamnya, ternyata mampu membakar kalori jauh lebih banyak jika di bandingkan ketika Anda berjalan kaki. Bahkan ketika anda tengah bersepeda dengan kecepatan yang sedang juga mampu membakar kalori sebanyak 500 kalori hanya dalam waktu 60 menit saja, dan itu masih mampu membakar kalori setelah bersepeda selama kondisi detak jantung masih belum bekerja dengan normal.

5. Meningkatkan kewaspadaan mental

Selain itu, sebuah study juga menunjukkan bahwa memori, daya ingat serta kinerja dari otak seseorang juga akan bekerja lebih baik setelah seseorang tersebut melakukan aktivitas bersepeda kurang lebih selama 30 menit saja, baik secara langsung atau bahkan dengan menggunakan sepeda statis.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517