5 Manfaat Berenang Bagi Kesehatan yang Wajib Untuk Anda Ketahui

Renang, merupakan salah satu bentuk olahraga yang di lakukan di dalam air. Olahraga yang satu ini memiliki banyak kelebihan yang memang dapat memberi segudang manfaat, terutama bagi kesehatan tubuh kita. Apakah Anda tahu, manfaat berenang bagi kesehatan tubuh? Ingin tahu jawabannya? Yuk kita simak sama-sama beberapa manfaat berenang bagi kesehatan yang harus Anda ketahui dan pahami, yaitu sebagai berikut:

Manfaat Berenang Bagi Kesehatan

  1. Membentuk dan menguatkan otot

Perlu Anda ketahui, bahwa kepadatan air jauh lebih besar 12 kali lipad jika di bandingkan dengan udara, dan itu membuat setiap gerakan tubuh yang di lakukan di dalam air seolah-olah melewati hambatan. Dan hal inilah yang menjadikan olahraga renang memiliki intensitas yang sama dengan olahraga aerobik. Ada salah satu study yang menyebutkan, bahwa ada seseoarng yang selesai menyelesaikan program latihan renang selama delapan (8) minggu mengalami peningkatan masa otot trisep sebesar 23,8%. Bukan hanya itu, ketika Anda berenang secara cepat dengan ritme yang teratur mampu meningkatkan tiga hal, yaitu kekuatan, ketahanan terhadapotot, serta ketahanan terhadap kardio.

  1. Meningkatkan kesehatan jantung

Ketika Anda berenang secara rutin, maka efesiensi jantung dalam memompa darah keseluruh tubuh Anda dapat meningkat dengan cepat. Ada sebuah penelitian yang di lakukan di Columbia University Medical Center menemukan, bahwa berenang mampu melawan resiko terkena penyakit jantung coroner. Oleh karena itu, agar Anda terhindar dari jenis penyakit ini, alangkah lebih baiknya jika Anda menyempatkan waktu untuk melakukan olahraga yang satu ini.

  1. Membakar kalori

Anda mampu membakar 200-300 kalori hanya dengan berenang selama setengah jam saja, dan itu tergantung pada intensitas serta gaya berernang yang Anda lakukan.

  1. Mencegah stres dan depresi

Perlu Anda ketahui, bahwa ketika Anda berenag, maka itu sama halnya dengan Anda melakukan yoga. Mengapa? Karena selama berenang, akan terjadi peregangan serta relaksasi sejumlah otot yang disertai dengan tekanan terhadap pernapasan yang sangat berirama. Dan itu sebabnya olahraga renang mampu membantu Anda terhindar dari gejala stress.

  1. Minim risiko cedera

Ketika Anda berada di dalam air, keadaan tubuh Anda akan terasa jauh lebih ringan, dikarenakan terjadinya distribusi yang berat yang memang harus di topang oleh tubuh menjadi lebih berkurang dari biasanya. Otot serta persendian tubuh Anda akan menerima tekanan yang lebih sedikit jika di bandingkan ketika Anda melakukan aktivitas di daratan. Dan dampaknya, jika Anda melakukan dengan teknik yang benar, maka Anda akan menghadapi resiko cidera yang jauh lebih sedikit jika di bandingkan dengan olahraga lainnya yang di lakukan di atas air.

Dan itulah beberapa manfaat berenang yang harus Anda ketahui juga pahami. Agar tubuh Anda jauh lebih sehat, maka tidak ada salahnya jika Anda menyempatkan diri untuk berenang minimal 2 kali dalam satu minggu.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517