5 Manfaat Beras Hitam Untuk Kesehatan

Beras hitam, sekilas mungkin terdengar asing ditelinga kita karena pada umumnya yang kita konsumsi sehari-hari dan banyak dijual dipasaran adalah jenis beras putih. Indonesia memang kaya akan beragam kultivar sehingga banyak petani yang menghasilkan berbagai macam varietas beras. Hal ini tentunya berasal dari warisan turun temurun. Jika ditelusuri secara mendalam ternyata manfaat beras hitam untuk kesehatan amatlah luar biasa.

Ciri-ciri Beras Hitam

  • Salah satu ciri yang paling menonjol yaitu bulir beras berwarna hitam. Nah, warna hitam tersebut dihasilkan secara genetic dari warna aleuron serta komposisi pati di dalam endospermia. Kandungan aleuron dan endospermia tersebut memproduksi antosianin. Manfaatnya yaitu sebagai zat antioksidan.
  • Ciri selanjutnya dari beras hitam yaitu warna gabah terlihat cokelat. Selain itu, beras hitam merupakan salah satu varietas tanaman yang memiliki umur panjang jika dibandingkan dengan jenis beras pada umumnya.
  • Postur dari tanaman lberas hitam cenderung lebih tinggi yaitu bisa mencapai 2 meter. Akan tetapi banyak yang menyilangkan tanaman tersebut sehingga hasilnya lebih pendek.

Manfaat Beras Hitam

Seperti halnya beras pada umumnya, beras hitam termasuk tanaman pangan dan bukan tanaman obat. Namun jika dikonsumsi dengan tepat maka Anda bisa memperoleh manfaat yang luar biasa dari kandungan nutrisi beras hitam. Secara umum, manfaat yang bisa diperoleh bersifat mencegah dan menghambat penyakit yang mungkin bisa membahayakan tubuh Anda.

Berikut Manfaat Beras Hitam Untuk Kesehatan!

Mencegah Anemia

Kandungan zat besi pada beras hitam berguna dalam membantu pembentukan hemoglobin sehingga bermanfaat dalam mencegah penyakit anemia. Bagi yang menderita penyakit anemia sebaiknya mengkonsumsi beras hitam karena bisa membantu menyembuhkan penyakit tersebut.

Mencegah Penyakit Jantung

Beras hitam tinggi akan kandungan serat. Manfaatnya tentu sangat beragam yaitu untuk memelihara kesehatan sistem pencernaan dan menjaga fungsi serta kinerja jantung. Konsumsilah secara bijak dan teratur untuk memperoleh manfaat yang luar biasa dari sumber makanan yang satu ini.

Mencegah Kanker

Antosianin yang cukup tinggi pada beras hitam berperan penting sebagai antioksidan. Manfaatnya untuk menangkal zat asing yang bisa memicu pertumbuhan sel kanker. Hal ini telah terbukti melalui berbagi riset oleh pakar gizi dan kesehatan.

Mencegah Diabetes

Beras hitam memliliki kadar kalori cukup rendah dibandingkan jenis karbohidrat lain. Disamping itu indeks glikemik dari beras hitam terbilang cukup rendah sehingga lebih aman untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Mencegah Penuaan

Antioksidan akan membantu menjaga fungsi dan kesehatan sel-sel di dalam tubuh. Disamping itu, antioksidan akan membantu meregenerasi sel-sel didalam tubuh sehingga memperlambat terjasinya penuaan.

Luar biasa sekali bukan manfaat beras hitam? Cobalah untuk mengkonsumsi beras hitam sebagai pengganti beras putih yang biasa Anda konsumsi. Tidak harus setiap hari, minimal 3 kali dalam seminggu. Semoga bermanfaat!

Related Posts

Share This