5 Manfaat Bayi Berenang

Walaupun usianya masih terbilang muda, namun bukan berarti si kecil tidak bisa bunda ajak untuk berenang. Dan ketika bunda mengajak si kecil berenang, maka bunda harus memprioritaskan manfaat bayi berenang daripada memikirkan dampak buruk apa yang akan di alami si kecil ketika ia berenang sejak bayi.

Laurie Lawrence, seorang pelatih renang professional yang berasal dari Australia menyebutkan, bahwa ketika bayi berenang, maka akan sangat banyak manfaat yang akan diterima si kecil ketika mereka berenang, apalagi ketika bunda mengajarkannya sejak ia masih kecil. Bukan hanya membuat si kecil mulai terbiasa dengan air, namun berenang juga bisa mengurangi resiko dirinya tenggela. Bahkan, dengan si kecil berenang sejak dini bisa membantu perkembangan juga pertumbuhan si kecil.

“Anak-anak selama sembilan bulan berenang di kandungan, jadi memang sudah natural dan kenapa tidak dilanjutkan,” jelasnya Laurie.

Apakah bunda mau tahu manfaat berenang untuk bayi? Ini dia:

  1. Anak-anak yang diajarkan berenang sejak dini atau sejak bayi, maka mereka akan memiliki perkembangan motoric yang jauh lebih baik. Bahkan berenang juga bisa membuat si kecil menggerakkan seluruh anggota tubuh mereka, dimulai dari tangan, kaki hingga kepala.
  2. Si kecil yang mulai di ajarkan untuk berenang sejak dini akan mulai terbiasa mengikuti instruksi atau bahkan mendengarkan setiap perkataan orang lain. Dan hal ini bisa membuat kemampuan kognitifikan yang dimiliki oleh si kecil bisa berkembang dengan baik. Dan perkembangan koginitif yang ada pada bayi meliputi berpikir, belajar, serta proses dalam pemecahan masalah.
  3. Anak-anak yang belajar berenang ketika usianya masih dini akan jauh lebih mudah beradaptasi serta bersosialisasi dengan orang lain selain orang tuanya. Dan hal ini dikarenakan ketika mereka berenang, maka mereka biasanya akan bertemu dengan anak-anak atau orang lain.
  4. Ketika si kecil berenang, mereka akan belajar bagaimana orang lain berbicara ketika memberikan sebuah intruksi untuk mereka bergerak. Sehingga kedepannya, si kecil yang mulai belajar berenang akan memiliki kemampuan berbicara yang jauh lebih baik dan lebih cepat.
  5. Bukan hanya itu, berenang secara rutin juga bisa memberikan pengaruh yang baik terhadap pernapasan juga pola tidur si kecil yang menjadi lebih baik.

Nah, mungkin bunda berfikir, bagaimana jika si kecil jatuh sakit ketika mereka usai berenang? Agar si kecil tidak jatuh sakit setelah mereka berenang, maka bunda harus memperhatikan beberapa hal di bawah ini:

  1. Usahakan agar si kecil tidak menelan air kolam renang.
  2. Si kecil harus segera di mandikan sebelum bahkan sesudah berenang.
  3. Jika si kecil ingin makan setelah mereka berenang, maka cucilah terlebih dahulu tangan mereka.

Related Posts

Share This