5 Manfaat Baik Daun Mint Untuk Menjaga Kesehatan

Mint merupakan salah satu tanaman yang memiliki aroma khas. Daun mint biasanya dimanfaatkan untuk penghias sajian makanan, aroma tambahan pada makanan atau sebagai penyegar mulut. Contoh yang paling mudah kita temui dari makanan yang menggunakan tambahan aroma mint yaitu permen atau salad buah. Selain aromanya yang menyegarkan ternyata daun mint mengandung banyak khasiat untuk kesehatan tubuh.

Daun mint mengandung serat, karbohidrat, asam aspartat, protein, alanin, vitamin A, B, C, D, mangan, natrium dan asam amino. Selain itu, daun mint juga mengandung tembaga dan kalium yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Daun mint memiliki kandungan menthol yang terbukti memiliki sifat stimulant yang berguna untuk membantu memperlancar gangguan pencernaan. Kandungan antispasmodic pada daun mint berkhasiat untuk mengendurkan atau mengatasi rasa sakit pada otot-otot tubuh.

manfaat daun mint untuk kesehatan

Inilah Manfaat Daun Mint Untuk Kesehatan Tubuh

Menghambat pertumbuhan sel kanker

Menurut sejumlah penelitian membuktikan bahwa mint merupakan salah satu tanaman yang mengandung vitamin C. Seperti yang kita ketahui kalau vitamin C berperan penting sebagai antioksidan yang menangkal radikal bebas termasuk pertumbuhan sel kanker. Oleh karena itu tidak ada salahnya menambahkan daun mint pada makanan. Selain menambah aroma makanan, Anda juga bisa mendapatkan khasiat dari daun mint untuk mencegah sel kanker.

Mengatasi gangguan pencernaan

Daun mint mengandung fitonutrien dan antioksidan yang bermanfaat untuk menyehatkan dan memperlancar sistem pencernaan. Daun mint memiliki efek anestesia yang berguna untuk mengatasi kram perut. Selain itu, daun mint terbukti mampu mengatasi perut kembung dan menghilangkan rasa mual. Hal ini karena daun mint mencegah terjadinya pembentukan gas di dalam perut.

Meningkatkan daya tahan tubuh

Manfaat daun mint yang selanjutnya yaitu untuk meningkatkan sistem imun. Daun mint mengandung berbagai macam nutrisi seperti vitamin A, B, C, D dan E. Selain itu daun mint juga mengandung posfor dan kalsium. Semua kandungan nutrisi tersebut berguna untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah serangan infeksi virus yang dapat membahayakan kesehatan.

Mengatasi gangguan pernapasan

Daun mint mengandung senyawa anti imflamasi yang bermanfaat untuk membuka dan meancarkan saluran pernapasan ketika terjadi sumbatan akibat penyakit flu. Kandungan menthol pada daun mint juga mampu melegakan hidung tersumbat. Selain itu, daun mint sangat berguna untuk mengatasi penyakit asma. Hal ini karena daun mint memiliki kemampuan untuk melonggarkan kontraksi bronkus sehingga membantu memperlancar saluran pernapasan yang tersumbat. Daun mint juga memiliki sifat anti bacterial yang mampu mengobati infeksi bakteri pada saluran pernapasan.

Menjaga kesehatan kulit

Jika Anda digigit nyamuk atau mengalami iritasi pada kulit, ramuan daun mint bisa menjadi salah satu alternatif untuk mengobatinya. Kandungan vitamin A pada daun mint bermanfaat untuk meningkatkan dan memperkuat jaringan kulit. Selain itu, ekstrak daun mint sangat bagus untuk kulit karena mengandung asam salisilat yang berguna untuk mencegah sel kulit mati dan mencegah penyumbatan pada kulit.

Nah, itulah beberapa manfaat daun mint untuk kesehatan, semoga bermanfaat bagi Anda. Daun mint akan terasa segar apabila dicampurkan kedalam minuman. Akan tetapi penggunaan daun mint tidak boleh berlebihan karena bisa berdampak kurang baik bagi kesehatan. Gunakanlah sewajarnya dalam menambahkan kedalam makanan maka efeknya akan terasa sangat bermanfaat.

Related Posts

Share This