5 Manfaat Ajaib Memperkenalkan Makanan Bayi 6 Bulan

Ada beberapa diantaranya orangtua yang memang tidak sabar untuk memberikan makanan bayi 6 bulan, padahal si kecil masih berusia sangat dini, dan belum pantas untuk diberi makanan pendamping ASI atau MPASI. Dan sebaiknya hal ini dapat dihindari sampai usia si kecil minimal genap 6 bulan.

Bahkan para ahli juga telah menyepakati, bahwa sebaiknya orangtua memberikan makanan untuk bayi 6 bulan ketika usia si kecil memasuki usia 6 bulan, dan sebelum batas usia tersbeut, sebaiknya Anda hanya memberikannya ASI eksklusif. Dan hal ini juga didukung oleh sejumlah hasil penelitian juga rekomendasi dari sejumlah organisasi kesehatan.

Nah, di bawah ini ada beberapa manfaat yang akan didapatkan si kecil ketika Anda memperkenalkan menu makanan bayi 6 bulan di waktu yang tepat, yaitu sebagai berikut:

1. Memberikan perlindungan yang lebih besar terhadap penyakit

Memang sudah kita ketahui, bahwa bayi mampu memperoleh kekebalan tubuhnya dari ASI yang ia konsumsi, dan kekebalan yang paling besar akan ia peroleh jika si kecil hanya mengkonsusmi ASI eksklusif selama 6 bulan pertama kelahirannya.

Maka dari itu, sangat dianjurkan bayi dikenalkan dengan MPASI ketika usianya genap memasuki usia 6 bulan. Karena sebelum usianya genap 6 bulan, bayi sangat tidak dianjurkan untuk diperkenalkan dengan MPASI, guna mendapatkan perlindungan yang jauh lebih besar terhadap penyakit yang menyerangnya.

2. Membantu melindungi bayi dari penyakit anemia akibat kekurangan zat besi

Bukan hanya itu, berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh Pisacane pada tahun 1995 diperoleh, bahwa bayi yang memang mendapatkan ASI eksklusif secara signifikan patsinya memiliki tingkat hemoglobin yang jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan bayi yang memang sudah diberikan makanan padat di usianya yang belum genap 6 bulan.

Dan hal ini dikarenakan pemberian ASI eksklusif bisa mempertahankan sejumlah nilai hemoglobin di batasan normal dan mampu menyimpan kandungan zat besi di dalam tubuhnya.

3. Membantu ibu menjaga produksi air susunya

Beberapa bayi yang memang mulai mengenal berbagia macam rasa dari makanan yang ia konsumsi pastinya ia akan mulai menyapih atau dalam kata lain berhenti menyusu lebih cepat dari waktunya. Karena umumnya si kecil akan mendapatkan rasa yang jauh lebih enak dari makanan yang memang ia konsumsi selain ASI. SEhingga lama-kelamaan produksi ASI akan menurun.

Maka dari itu, sebelum genap berusia 6 bulan, sebaiknya si kecil jangan dulu diperkenalkan dengan MPASI, guna memperlancar produksi ASI ibu.

4. Membantu memberikan ruang bagi bayi

ASI juga merupakan salah satu cara yang paling efektif untuk mencegah terjadinya kehamilan ketika si kecil masih harus memperoleh ASI, dan hal ini nantinya bisa membuat si kecil mendapatkan semua kebutuhan gizi yang memang sangat dibutuhkan serta kasih sayang dari orangtuanya.

5. Membuat perkenalan makanan padat menjadi lebih mudah

Ketika si kecil mengenal makanan padat sesuai usia yang tepat, yaitu ketika usia 6 bulan, maka nantinya ia akan jauh lebih mudah untuk makan dengan sendiri, bahkan akan jauh lebih mudah dalam hal memperkenalkan makanan yang akan ia konsumsi serta cenderung tidak akan memiliki reaksi terhadap alergi makanan.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517