5 Larangan Untuk Bayi Baru Lahir

Penantian panjang selama 9 bulan kini telah berakhir dan akhirnya si kecil hadir ditengah-tengah keluarga. Kebahagiaan tak terkira dan tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata tentunya menyelimuti Anda sekeluarga. Perjuangan menjalani kehamilan dan melahirkan memang tidaklah mudah bagi seorang ibu, namun kehadiran buah hati menjadi obat yang sangat ampuh seakan-akan lelah selama 9 bulan terbayar tuntas.

Setelah proses persalinan selesai maka selanjutnya tugas Bunda dan juga keluarga adalah merawat serta membesarkan si kecil. Mengurus bayi baru lahir memang pekerjaan yang tidaklah gampang. Hal ini karena bayi yang baru lahir masih sangat sensitive sehingga membutuhkan perawatan yang ekstra hati-hati. Memberikan yang terbaik untuk mengurus si kecil merupakan salah satu kunci keberhasilan dalam membesarkan anak.

Dalam mengurus bayi memang banyak pantangan dan anjuran yang harus diketahui oleh setiap orangtua. Apa saja yang dilarang untuk bayi yang baru lahir?

Berikut Ini Beberapa Larangan Dalam Mengurus Si Kecil

  1. Jangan Menjemur Bayi Dibawah Sinar Matahari Langsung

Banyak yang menganggap jika menjemur bayi merupakan hal wajib yang harus dilakukan setiap pagi. Namun seringkali kegiatan menjemur bayi tersebut tanpa aturan sehingga bayi terpapar sinar matahari secara langsung. Menjemur bayi memang penting untuk dilakukan, akan tetapi harus tahu aturan dan jangan menjemur bayi secara langsung dibawah sinar matahari karena justru akan membuat si bayi kepanasan.

Terkena biasan cahaya saja sudah cukup bagi bayi. Anda bisa menjemur bayi di teras rumah dengan rentan waktu yang tidak terlalu lama yaitu sekitar 10 menit pada jam 7 hingga 8 pagi. Sinar matahari diatas jam 8 akan terasa sangat panas sehingga bisa membahayakan kesehatan bayi.

  1. Memberikan Air Putih

Banyak orangtua yang menyepelekan larangan untuk tidak memberikan air putih pada bayi sebelum usianya menginjak 6 bulan. Kebanyakan menganggap bahwa pemberian air putih adalah hal yang wajar dan memang dibutuhkan oleh bayi. Namun sebenarnya hal ini tidak boleh dilakukan karena pada dasarnya kebutuhan cairan untuk tubuh bayi sudah cukup diperoleh dari ASI. Didalam ASI menyediakan semua kebutuhan nutrisi untuk tubuh bayi.

  1. Penggunaan Popok Secara Terus Menerus

Diaper atau popok yang digunakan secara terus menerus bisa mengakibatkan si kecil terkena ruam pada bagian selangkangannya. Nah, kondisi ini tentunya bisa menyebabkan si bayi merasa tidak nyaman. Oleh karena itu periksa dan segera ganti popok jika si kecil buang air kecil ataupun buang air besar.

  1. Mengoleskan Minyak Penghangat

Hal ini merupakan salah satu tindakan yang tidak tepat dan banyak dilakukan oleh para orangtua. Mengoleskan minyak hangat pada bayi seolah sudah emnjadi tradisi dan budaya yang turun temurun. Perlu diketahui oleh para orangtua bahwa memberikan minyak hangat yang dioleskan pada bayi sebenarnya berisiko terhadap iritasi karena kulit bayi masih sangat sensitif. Maka dari itu sebaiknya jangan terlebih dahulu memberikan minyak oles untuk bayi sebelum usianya benar-benar cukup.

  1. Penggunaan Sarung Tangan atau Sarung Kaki Dalam Waktu Lama

Mengenakan sarung tangan atau sarung kaki memang sudah banyak dilakukan para orangtua pada bayi dengan tujuan untuk memberikan rasa hangat bagi bayi. Selain itu sarung tangan dan sarung kaki digunakan dengan tujuan untuk mencegah kuku bayi merusak kulitnya. Penggunaan sarung kaki dan tangan memang diperbolehkan, namun jangn terus menerus digunakan apalagi sampai seharian penuh. Hal ini bisa mengakibatkan kemampuan jari-jarinya terhambat. Selain itu ruang eksplorasi bayi yang meibatkan tangan dan kaki akan menjadi terbatas.

Related Posts

Share This