5 Larangan Ibu Hamil Yang Tidak Boleh Dilakukan

Menjalani kehamilan terbilang gampang-gampang susah. Dalam hal ini diperlukan pengetahuan yang luas sehingga kehamilan yang Anda jalani akan melahirkan bayi sehat tanpa adanya gangguan/cacat. Bagi wanita yang belum memiliki pengalaman, mungkin proses ini terbilang sangat berat. Dalam hal ini penting sekali bagi setiap wanita untuk mengetahui hal-hal yang harus dilakukan dan larangan ibu hamil.

Larangan bagi ibu hamil tentunya sangat erat kaitannya dengan kesehatan diri sendiri dan juga janin di dalam kandungan. Hal ini bertujuan untuk menjaga kehamilan dan menghindari hal-hal buruk yang bisa berdampak terhadap perkembangan janin.

Berikut Beberapa Hal Yang Tidak Boleh Dilakukan Oleh Ibu Hamil

  1. Diet pada waktu hamil

Memiliki berat badan ideal tentunya menjadi dambaan setiap wanita. Bahkan beberapa wanita ingin tetap terlihat cantik ketika menjalani kehamilan. Biasanya salah satu cara yang dilakukan untuk memperoleh tubuh yang indah yaitu dengan diet. Namun pada waktu hamil, diet sama sekali tidak dianjurkan. Hal ini karena akan berdampak buruk terhadap asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh janin. Kondisi tersebut tentunya akan mengakibatkan perkembangan janin terganggu.

  1. Memakai sepatu hak tinggi

Bagi Anda yang sering tampil elegan menggunakan sepatu atau sandal hak tinggi, sebaiknya ketika hamil menyimpan perlengkapan tersebut. Hal iniĀ  terkait dengan kesehatan dan keselamatan Anda serta janin di dalam kandungan. Perlu diketahui bahwa menggunakan sepatu hak tinggi pada waktu hamil bisa mengakibatkan Anda terjatuh. Selain itu, sepatu hak tinggi bisa menyebabkan terjadinya pembengkakan pada kaki.

  1. Mengkonsumsi obat tanpa anjuran dokter

Larangan untuk ibu hamil yang selanjutnya yaitu mengkonsumsi obat-obatan tanpa resep dari dokter. Perlu Anda ketahui bahwa semua makanan ataupun obat-obatan yang dikonsumsi oleh ibu hamil akan berpengaruh terhadap tumbuh kembang janin karena secara tidak langsung makanan tersebut akan diserap melalui plasenta. Maka dari itu, jika Anda merasa tidak enak badan sebaiknya berkonsultasi dengan dokter sebelum memutuskan untuk mengkonsumsi obat.

  1. Hindari bahan kimia

Ketika Anda sedang hamil sebaiknya menghindari bahan kimia yang berasal dari produk kecantikan ataupun obat-obatan pengusir nyamuk. Obat nyamuk semprot ataupun oles, tidak dianjurkan bagi ibu hamil karena bisa membahayakan janin di dalam kandungan. Obat pengusir nyamuk yang berbentuk lotion bisa terserap kedalam tubuh melalui pori-pori kulit, kemudian masuk ke dalam darah dan akhirnya sampai ke janin. Hal ini tentunya sangat berbahaya.

  1. Mengendarai kendaraan bermotor

Bagi Anda yang sedang hamil sebaiknya meminimalisir bepergian jauh yang mengharuskan Anda berada diatas kendaraan. Ibu hami tidak dianjurkan untuk menaiki kendaraan melewati jalanan terjal karena hal ini bisa memberikan guncangan sehingga berdampak buruk terhadap kesehatan janin. Selain itu dikhawatirkan terjadi kontraksi sebelum waktunya.

Related Posts

Share This