5 Langkah Mudah Cara Mengatasi Mual dan Pusing Saat Hamil

Mual, muntah dan pusing merupakan gejala morning sickness yang paling sering dirasakan pada tahap awal kehamilan. Gejala tersebut merupakan hal yang wajar dan tidak berbahaya. Namun sebaiknya gejala mual dan pusing diawal kehamilan tidak dianggap sepele karena bisa mengganggu kenyamanan dan bisa menyebabkan asupan nutrisi untuk janin terhambat. Lalu bagaimana cara mengatasi mual dan pusing diawal kehamilan?

Sekitar 70% wanita hamil akan mengalami gejala morning sickness berupa mual dan muntah yang disertai pusing. Kondisi tersebut bisa berlangsung sepanjang hari sehingga terkadang menyebabkan ibu hamil kehilangan selera makan. Penyebabnya tidak lain yaitu karena adanya perubahan dan peningkatan hormon.

Nah, Berikut Ini Cara Mengatasi Perut Mual dan Pusing Saat Hamil

  1. Lebih sering makan dengan porsi kecil

Salah satu cara mengatasi perut mual dan pusing yaitu dengan menerapkan metode sering makan dengan porsi kecil. Dalam sehari Anda minimal bisa makan 4 – 5 kali. Usahakan untuk membuat jadwal makan tersebut. Hal ini bertujuan untuk menjaga asupan nutrisi bagi perkembangan janin pada tahap awal. Selain itu, perhatikan pula asupan cairan untuk mencegah terjadinya dehidrasi akibat sering muntah dan banyaknya cairan yang terbuang.

  1. Hindari makanan berlemak dan pedas

Mengkonsumsi makanan pedas pada saat ngidam untuk mengatasi mual mungkin banyak dilakukan oleh sebagian ibu hamil. Namun tahukah Anda justru makanan tersebut menjadi pemicu kondisi morning sickness lebih parah. Maka dari itu sebaiknya Anda membatasi makanan pedas dan berlemak untuk meminimalisir kondisi yang lebih parah. Perbanyak konsumsi air putih  untuk menjaga keseimbangan cairan tubuh.

  1. Jangan langsung bangun dari tempat tidur

Cara mengatasi perut mual yang selanjutnya yaitu jangan langsung beranjak dari tempat tidur saat bangun di pagi hari. Tetaplah berada diatas tempat tidur untuk beberapa saat hingga Anda benar-benar merasa nyaman. Jika perlu, Anda bisa menyediakan makanan kecil sehingga bisa dikonsumsi setelah bangun tidur tanpa harus beranjak ke dapur. Cara seperti ini dinilai bisa mencegah mual atau pusing secara berlebihan.

  1. Olahraga ringan
Baca Juga:  Perkembangan Kehamilan 33 minggu

Ibu hamil bisa melakukan olahraga ringan untuk mengatasi mual ataupun pusing. Olahraga tersebut bisa berupa peregangan ataupun jalan santai di sekitar komplek pada pagi hari. Disamping itu Anda juga bisa melakukan yoga khusus ibu hamil.

  1. Ruangan dingin

Untuk mencegah mual, muntah dan pusing yang berlebihan, usahakan supaya ruangan temnpat Anda tinggal dalam keadaan suhu stabil. Hindari ruangan terlalu panas karena bisa memicu gejala tersebut. Usahakan supaya ruangan tersebut dalam keadaan dingin sehingga Anda bisa merasa lebih nyaman dan tidak kepanasan yang bisa memicu mual dan pusing.

Selain beberapa hal diatas, Anda juga bisa mengkonsumsi buah-buahan sebagai salah satu cara mengatasi mual dan pusing selama hamil. Semoga bermanfaat!

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi Bundakim.com. Instagram: @bundakim7 SMS / WA: 0813 2154 8517