5 Langkah Ampuh Terapkan Pola Makan Sehat Pada Anak

Kebiasaan menerapkan pola makan sehat pada anak sejak dini, pastinya akan membantu si kecil untuk menjaga kesehatan tubuhnya sampai ia dewasa nanti, dan pastinya, mereka akan mengajarkan pola makan sehat ini kepada anaknya ketika mereka memiliki anak kelak.

Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda orangtua untuk menanamkan kebiasaan pola makan yang sehat kepada si kecil sejak dini, dikarenakan hal ini bisa menentukan kesehatan si kecil untuk kedepannya.

Memang benar, menerapkan pola makan sehat kepada si kecil bukanlah satu perkara yang mudah, perlu kesabarab juga cara yang jitu untuk menghadapinya. Namun Anda tidak perlu khawatir, karena pada kesempatan ini kami akan memberikan beberapa cara dalam menerapkan pola makan yang sehat kepada si kecil, yaitu sebagai berikut:

  1. Buat Waktu Makan Lebih Menyenangkan

Anda bisa menjadikan waktu makan si kecil menjadi waktu makan yang menyenangkan. Mungkin Anda bisa melibatkan seluruh keluarga untuk menciptakan suasana ini, setidaknya satu kali dalam stau hari.

Anda bisa memberi dorongan kepada si kecil agar si kecil mau makan secara perlahan, karena si kecil membutuhkan waktu paling tidak 20 menit bagi otak untuk menyadari bahwa keadaan oerut sudah penuh. Bukan hanya itu, rasa dari makanan yang di konsumsi si kecil juga akan lebih terasa jika di konsumsi secara perlahan.

  1. Perlakukan Anak dengan Baik

Anda sebagai orangtua jangan pernah menghancurkan kesenangan si kecil, penting bagi Anda untuk memperlakukan mereka dengan baik, sehingga mereka merasa menjadi anak merupakan bagian yang terbaik.

Memang benar, kita memang perlu menanamkan atau menerapkan pola makan sehat kepada si kecil, namun jika Anda sesekali memperlakukan si kecil layaknya anak seusia mereka dengan memberikannya permen atau coklat, maka tidak akan merugikan kesehatannya selama dalam jumlah yang sewajarnya.

  1. Jangan Paksa Anak

Alangkah lebih baik lagi jika Anda tidak memaksa si kecil atau mendorong mereka untuk makan dalamporsi yang banyak ketika si kecil sesekali memutuskan untuk makan dalam jumlah yang lebih sedikit.

Tentunya, makan dalam jumlah yang sedikit akan mengurangi asupan nutrisinya. Namun dengan adanya dukungan serta didikan Anda, maka biasanya si kecil akan memutuskan kapan serta berapa banyak ia harus makan dalam stau hari.

  1. Say No To Junk Food

Anak-anak cenderung menyukai mengkonsumsi makanan cepat saji, seperti nugget, sosis, keripik, fried chicken, dan sebagainya. Ketika itu, maka sistem pencernaan si kecil akan merasa kesulitan dalam memproses makanan dalam jumlah yang besar, sehingga bisa menyebabkan kenaikan berat badan.

Ketika Anda akan menerapkan pola makan sehat pada anak, sebaiknya Anda jangan terlalu sering mengajak si kecil untuk makan ke restoran cepat saji atau bahkan ke bagian makanan beku ketika Anda pergi ke supermarket. Karena sebaiknya Anda membiasakan si kecil untuk ikut Anda berbelanja di pasar tradisional atau bahkan toko buah.

  1. Resep Baru

Variasi merupakan bumbu dalam kehidupan. Anda bisa mencoba resep baru untuk membuat makanan bagi si kecil, dan Anda bisa melibatkan si kecil dalam proses memasaknya. Karena hal ini juga merupakan salah stau cara yang terbaik guna mengedukasi mereka tentang berbagai macam nutrisi yang ada di dalam makanan.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517