5 Khasiat Buah Pepaya Bagi Kesehatan Anak

Pepaya merupakan salah satu jenis buah yang dengan mudah bisa kita jumpai di negeri ini. Buah yang satu ini sangat mudah tumbuh di daerah tropis. Pepaya memiliki warna daging buah orange serta rasa yang sangat manis. Selain itu, tekstur daging buah yang lembut menjadikan buah yang satu ini bisa dikonsumsi siapa saja termasuk bayi dan anak-anak. Lalu apa saja khasiat buah pepaya untuk anak?

Dibalik rasanya yang manis, ternyata buah pepaya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, termasuk kesehatan anak. Salah satu kandungan nutrisi pada buah pepaya yaitu betakaroten yang menjadikan warna orange pada daging buah yang sudah matang. Nah, betakaroten tersebut berguna sebagai antioksidan untuk meningkatkan sistem imun dan mencegah radikal bebas.

Berikut Khasiat Buah Pepaya Bagi Kesehatan Anak

  1. Meningkatkan Nafsu Makan

Salah satu manfaat buah pepaya untuk anak yaitu meningkatkan nafsu makan. Untuk membuat ramuan penambah nafsu makan anak yaitu dengan menggunakan bagian daun. Caranya yaitu dengan menghaluskan daun pepaya, kemudian tambahkan sedikit garam dan berikan pada anak. Jika si kecil tidak menyukainya maka Anda bisa menggantinya dengan memberikan buah pepaya secara rutin.

  1. Mengatasi Masalah Pencernaan

Khasiat selanjutnya yaitu untuk menjaga kesehatan pencernaan anak. Buah pepaya bisa dijadikan sebagai obat alami untuk mengatasi susah buang air besar atau sembelit pada anak. Berikan buah pepaya matang sebanyak 3 kali dalam sehari untuk memperlancar pencernaan yang terganggu.

  1. Kesehatan Mata

Kandungan betakaroten atau vitamin A pada buah pepaya berguna untuk menjaga kesehatan mata si kecil. Maka dari itu berikan buah pepaya secara rutin pada anak untuk menjaga ketajaman penglihatannya.

  1. Mengobati Diare

Selain bisa mengatasi sembelit, buah pepaya juga sangat efektif dalam mengobati diare. Dalam hal ini bisa menggunakan buahnya untuk dikonsumsi langsung ataupun ramuan dari bagian bijinya. Caranya sangat mudah yaitu dengan mengeringkan biji pepaya secukupnya dan tumbuk hingga halus. Kemudian seduh biji pepaya yang sudah dihaluskan tersebut. Berikan pada anak untuk menghentikan diare.

  1. Meredakan Flu

Dalam meredakan flu sebenarnya tidak perlu menggunakan obat-obatan kimia. Anda bisa menggunakan buah pepaya untuk meredakan flu pada anak. Anda bisa menggunakan ramuan dari daun pepaya muda yang dihaluskan dan diambil air perasannya dan tambahkan sedikit garam. Berikan pada anak untuk meredakan flu.

Luar biasa sekali bukan manfaat pepaya untuk kesehatan anak. Maka dari itu, masukan buah pepaya kedalam menu makanan pelengkap harian anak Anda. Selain bisa mengatasi gangguan kesehatan yang disebutkan diatas, buah pepaya juga berguna untuk melengkapi kebutuhan vitamin dan mineral pada anak. Semoga bermanfaat.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517