5 Khasiat Brokoli Untuk Bayi atau Anak-anak

Membuat sajian makanan sehat dan bergizi merupakan salah satu rutinitas yang harus dijalani oleh setiap orangtua. Pada masa pertumbuhan, anak-anak membutuhkan asupan nutrisi lebih banyak dibandingkan dengan orang dewasa. Untuk mencukupi kebutuhan nutrisi harian si kecil, sayuran adalah salah satu alternatif yang tepat untuk Anda sajikan. Jenis sayuran yang dianjurkan untuk si kecil yaitu brokoli. Khasiat brokoli untuk menunjang tumbuh kembang dan menjaga kesehatan si kecil tidak perlu diragukan lagi karena sayuran yang satu ini sangat kaya akan antioksidan dan nutrisi penting lainnya.

Brokoli bisa dijadikan sebagai salah satu bahan dasar dalam membuat makanan pendamping ASI. Khasiat brokoli hijau salah satunya yaitu untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh si kecil. Hal ini karena brokoli memiliki kandungan vitamin C sebagai antioksidan untuk menangkal radikal bebas yang bisa membahayakan tubuh.

Untuk lebih jelasnya, mari simak beberapa khasiat brokoli untuk bayi atau anak-anak berikut ini:

  1. Menjaga kesehatan sistem pencernaan

Salah satu khasiat brokoli untuk bayi yaitu untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan. Hal ini karena brokoli mengandung serat cukup tinggi. Dengan mengkonsumsi brokoli secara teratur maka sangat berguna untuk mencegah susah buang air besar atau sembelit pada bayi.

  1. Meningkatkan sistem imun

Brokoli merupakan salah satu jenis sayuran yang tinggi akan kandungan vitamin C. Manfaat nutrisi tersebut yaitu sebagai antioksidan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh si kecil. Selain itu, kandungan fitokimia dan fitonutrien pada brokoli berperan penting dalam mengeluarkan racun dan zat berbahaya dari dalam tubuh.

  1. Menjaga kesehatan tulang

Kandungan vitamin K dan kalsium pada brokoli berguna untuk menjaga kesehatan tulang anak. Sayuran yang satu ini sangat cocok untuk si kecil yang sedang alam masa pertumbuhan untuk proses pembentukan dan pemadatan tulang.

  1. Mencegah alergi

Khasiat dan manfaat brokoli untuk anak yang selanjutnya yaitu untuk mencegah alergi. Hal ini karena brokoli mengandung anti-imflamasi yang berperan penting dalam meminimalisir alergi pada anak. Bahkan anti-imflamasi pada brokoli sangat berguna untuk mencegah terjadinya kerusakan pada pembuluh darah.

  1. Detoksifikasi

Manfaat brokoli yang selanjutnya yaitu untuk proses detoksifikasi. Brokoli memiliki senyawa fitonutrien untuk menetralkan dan mengeluarkan racun-racun dari dalam tubuh. Dengan begitu, kesehatan si kecil tidak akan mudah terganggu dan terhindar dari penyakit.

Demikian khasiat brokoli untuk bayi atau anak-anak. Brokoli bisa diolah menjadi puree untuk bayi yang masih dalam tahap MPASI. Selain itu, untuk anak balita yang sudah memiliki kemampuan mengunyah dan mencerna makanan yang lebih keras, brokoli bisa Anda sajikan sebagai campuran dalam membuat sup ataupun nasi tim.

Related Posts

Share This