5 Kesehatan Seksual yang Wajib Dikatehui Wanita

Kesehatan wanita. Pengetahui mengenai kesehatan seks memang harus di ketahui dengan benar, baik oleg kaum pria atau bahkan wanita, terutama bagi kauam wanita. Hal ini dikarenakan para wanita memiliki organ seksual yang jauh lebih kompleks juga sangat penting untuk di jaga kesehatan wanita jika di bandingkan dengan kaum pria.

Nah, di bawah ini ada beberapa jenis kesehatan seksual yang wajib dan penting untuk Anda ketahui juga pahami, yaitu sebagai berikut:

  1. Konsultasi tentang kesehatan seksual mutlak dilakukan

Entah saat ini Anda tengah menderita penyakit seksual atau bahkan hanya ingin mengetahui terkait kesehatan seksual, namun wanita wajib untuk berkonsultasi dengan dokter setidaknya satu kali seumur hidupnya guna mengetahui info kesehatan wanita.

Karena terkadang muncul berbagai jenis isu atau bahkan mitos yang berhubungan dengan kesehatan seksual yang belum tentu benar.

  1. Pap smear harus dilakukan

Tes pap smear merupakan salah satu bentuk tes kesehatan seksual yang memang harus di lakukan oleh para wanita. Tes ini dilakukan guna menguji sejumlah sel serviks abnormal yang mungkin saja terjadi karena HPV. Dan sebaiknya tes ini dilakukan bagi mereka yang pernah atau sering melakukan hubungan seksual.

  1. Hati-hati dengan PMS yang tidak menimbulkan nyeri

PMS atau bahkan gejala munculnya menstruasi kerap kali menimbulkan rasa nyeri atau sakit di bagian perut atau bahkan kram perut. Akan tetapi, jika Anda tidak mendapatkan hal ini, maka Anda patut berhati-hati.

Karena hal ini bisa memberikan efek samping yang serius, misalkan terjadinya penyakit radang panggul, kehamilan ektopik atau kehamilan di luar kandungan, serta terjadinya infertilitas.

  1. Usia penyebaran virus HPV

Usia 20-24 tahun merupakan usia dimana virus HPV pantas untuk Anda waspadai. Pastinya HPV sangat merajalela bagi kaum wanita dalam kelompok usia ini. Oleh sebab itu, maka Anda wajib untuk melakukan vaksin HPV.

  1. Waspadalah dnegan klamydia

Klamydia adalah salah stau jenis penyakit yang menjadi salah stau penyebab utama terjaidnya infertilitas. Jika jenia penyakit ini menyerang Anda sejak dini, maka jenis penyakit ini bisa disembuhkan dengan cara menyuntikkan antibiotic.

Bukan hanya itu, hal yang juga penting untuk Anda ketahui dari jenis penyakit ini yaitu suntikan KB atau bahkan alat kontrasepsi lainnya yang memang tidak mampu mengurangi dampak klamidia guna berkembang menjadi radang panggul serta bisa menyebabkan infertilitas.

Beberapa pengetahuan terkait kesehatan wanita juga kesehatan seksual di atas mampu memberikan Anda info kesehatan wanita yang cukup jelas. Oleh sebab itu, Anda jangan terlalu mempercayai isu atau bahkan mitos yang berkembang di masyarakat seputar kesehatan seksual terlebih dahulu, karena lebih baik Anda mencari tahu terlebih dahulu informasi di balik itu semua.

Related Posts

Share This