5 Jenis Penyebab Payudara Terasa Sakit yang Perlu Wanita Tahu

Penyebab payudara terasa skait. Di zaman ini, wanita tidak akan terlepas dari bayang-bayang penyakit kanker atau bahkan tumor payudara. Dan penyakit ini memang merupakan salah satu bentuk resiko gaya hidup di zaman modern ini, serta rentannya stress yang dialami oleh wanita di zaman ini. Terkadang kita tidak sempat untuk melakukan olaharaga, dan terus sembarangan mengkonsumsi makanan yang memang memiliki resiko bisa menyebabkan kanker serta tumor payudara.

Maka dari itu, jangan heran jika Anda mulai merasakan sakit atau bahkan nyeri di bagian payudara, dan mungkin saja baying-bayang kedua penyakit tersebut masih menghantui Anda. Namun, apakah Anda tahu, kalau ada 5 jenis nyeri yang bisa Anda rasakan, yang memang tidak semuanya termasuk kedalam gejala kanker atau bahkan tumor payudara.

Dan di bawah ini ada beberapa jenis nyeri di bagian payudara yang harus Anda ketahui, khususnya kaum wnaita, yaitu sebagai berikut:

1. Kanker

Nyeri di bagian paydara yang memang disebabkan oleh kanker memang harus kita waspadai. Oleh karena itu, kita harus benar-benar menyadari jika terjadinya perubahan, benjolan, atau apapun yang dirasa ganjal di bagian payudara. Jika hal tersebut terjadi, maka anda dianjurkan untuk mengkonsultasikannya kepada dokter, guna mengetahui kejelasan terkait gejala yang Anda alami ini.

2. PMS

Salah satu penyebab dari rasa nyeri yang di rasakan di bagian payudara yaitu PMS. Hal ini umumnya dipengaruhi oleh hormon esterogen juga progesterone yang memang kerap kali mengalami kenaikan sebelumnya, selama bahkan selama masa menstrusai tiba. Ketika Anda merasakan nyeri di bagian payudara, namun Anda tidak menemukan adanya benjolan, maka Anda bisa memastikan kalau hal tersebut merupakan gejala PMS.

3. Hamil

Penyebab lainnya dari rasa nyeri yang Anda rasakan di bagian payudara yaitu, ketika Anda tengah dalam masa kehamilan. Sama halnya ketika masa PMS, hal ini juga dipengaruhi oleh kondisi hormon Anda. Dan bisa jadi, dalam kondisi ini, payudara Anda mengalami pembengkakan yang disertai dengan rasa nyeri. Dan hal ini juga dikarenakan payudara Anda tengah mempersiapkan diri sebelum kelahiran si kecil.

4. Puber

Dan jika rasa nyeri Anda rasakan di masa remaja Anda, maka bisa jadi Anda tengah mengalami perubahan dalam masa pubertas. Dan uniknya lagi, rasa nyeri di bagian payudara bukan hanya dialami oleh anak gadis, namun remaja pria juga bisa mengalaminya, terutama dalam pertumbuhannya.

5. Kista

Kista merupakan salah satu penyebab umum wanita yang memang mengalami nyeri di bagian payudara. Dan rasa nyeri ini hanya bisa di atasi dengan proses operasi kecil. Kista ini juga akan muncul karena adanya perubahan tubuh dari remaja ke masa dewasa. Akan tetapi, hal ini tidak selalu terjadi pada kaum wanita.

Anda tidak perlu merasa khawatir ketika Anda merasakan nyeri di bagian payudara. Dan Anda bisa mengecek perubahan yang terjadi, jika gejala yang muncul berkelanjutan Anda bisa mengkonsultasikannya kepada dokter guna memastikan apakah perlu di ambil tindakan khusus atau tidak.

Related Posts

Share This